comscore

20 Ucapan Idulfitri 2022, Cocok Dibagikan di WhatsApp, Instagram, dan Facebook

Patrick Pinaria - 01 Mei 2022 14:45 WIB
20 Ucapan Idulfitri 2022, Cocok Dibagikan di WhatsApp, Instagram, dan Facebook
Ilustrasi medcom.id
Jakarta: Idulfitri 2022 tinggal sebentar lagi. Menurut perkiraan, hari raya ini akan jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Kemungkinan tersebut disampaikan Kementerian Agama. Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin menjelaskan secara hisab posisi hilal awal Syawal di Indonesia sudah memenuhi kriteria baru Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) pada 1 Mei atau 29 Ramadan 1443 Hijriah.
Menurutnya, pada 1 Mei tinggi hilal antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat.

Baca: Kapan Lebaran 2022? Ini Jadwal dan Link Streaming Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1443 H 

"Artinya, secara hisab, pada hari tersebut posisi hilal awal Syawal di Indonesia telah masuk dalam kriteria baru MABIMS," ujar Kamaruddin dikutip dari Antara, Senin 25 April 2022.

Menurut kriteria baru MABIMS, imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat. Kriteria ini merupakan pembaruan dari kriteria sebelumnya, yakni 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat yang mendapat masukan dan kritik.

Dengan demikian, 1 Syawal atau Idul Fitri 2022 kemungkinan jatuh pada besok, Senin, 2 Mei 2022. Namun, penetapannya baru akan diumumkan setelah menggelar sidang isbat 1 Syawal 1443 Hijriah pada Minggu, setelah proses pengamatan hilal di 99 titik pemantauan.
 
 

Sebelum diumumkan kepastian tanggalnya, ada baiknya mempersiapkan ucapan-ucapan Idulfitri 2022. Berikut ini 20 ucapan yang sudah dirangkum Medcom.id:

1. Takbir berkumandang. Tanda kemenangan telah datang. Mohon maaf atas semua kesalahan. Taqabbalallahu minna wa minkum. Minal aidzin wal faidzon, mohon maaf lahir batin, serta selamat hari raya Idul Fitri 2022.

2. Taqaballahu mina wa minkum, minal aidin wal faidzin. Mohon seluruh kata yang terucap tak sengaja menyakiti hati dapat dimaafkan dan mari saling membersihkan hati.

3. Taqobalallahu minna wa minkum, taqobbal ya Kariim. Di hari yang penuh kesucian ini, kami sekeluarga mohon maaf atas segala kesalahan yang pernah diperbuat. Sebab ssungguhnya, manusia tak luput dari salah dan dosa.

4. Mari sucikan hati dan jiwa di hari yang Fitri. Berjabat tangan saling bermaaf-maafan. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Minal Aidin Wal Faidzin.

5. Datangnya hilal pertanda Idul Fitri. Bersihkan hati dan jiwa di hari kemenangan. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin.

6. Semoga Allah mengisi hatimu dengan sukacita Idul Fitri. Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022, mohon maaf lahir dan batin.

7. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Mari kita bermaaf-maafan. Sebab disebutkan dalam surat Asy-Syura ayat 43, Wa laman sabara wa gafara inna zaalika lamin 'azmil-umuur . Artinya: Orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.

8. Selamat datang hari kemenangan, selamat berbahagia atas segala pencapaian yang telah didapatkan. Semoga Allah memberkahi setiap langkah kita. Taqaballahu mina wa minkum. Minal aidzin wal faidzin.

9. Di hari yang fitri ini kuketuk pintu maaf atas segala kesalahan, salah sikap dan kata-kata yang kurang berkenan. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri 1443 H.

10. Taqabbalallahu minna wa minkum. Semoga Allah menerima (puasa dan amal) ibadah dari kami dan kalian. Selamat hari raya Idul Fitri 2022. 
 
11. Mata dapat salah lihat. Telinga dapat salah dengar. Mulut dapat salah bicara. Hati dapat salah sangka. Di hari yang fitri ini, mohon maaf lahir dan batin.

12. Bulan Ramadhan telah berlalu. Hari kemenangan telah datang. Untuk itu, mari kita bersihkan hati dan jiwa dari gelimang dosa. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

13. Semoga bulan Ramadhan 1443 H ini, memberikan banyak manfaat untuk kita dan dapat memotivasi kita mengalahkan hawa nafsu dan menuju kemerdekaan dalam Idul Fitri. Terlambat bukan berarti lupa. Selamat Hari Raya Idul Fitri, selamat berlebaran dan berkumpul dengan sanak saudara.

14. Tiada kesucian menjadi sempurna, tatkala ada salah satu kebencian tertanam dalam jiwa. Untuk membasuh jiwa dari kebencian, dengan melakukan permintaan maaf. Terkirim dari lubuk hati terdalam atas kesalahan selama ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin.

15. Waktu mengalir bagaikan air. Ramadhan suci akan berakhir. Untuk salah yang pernah ada, dan untuk khilaf yang sempat terucap. Pintu maaf akan selalu kuharap. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Mohon maaf lahir dan batin.

16. Selamat malam, bismillahirrohmanirrohim. Alhamdulillah hari kemenangan telah tiba ditandai dengan suara takbir berkumandang, selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

17. Maafkanlah segala salah dan khilafku. Sungguh aku tidak ingin kita menjadi jauh. Mari kita menjaga tali silarurahmi ini. Taqaballahu mina wa minkum.

18. Di hari yang suci ini, mari saling memaafkan setulus hati. Semoga Allah menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang lebih baik lagi.

19. Semoga Allah memberkahi: hari-hari Anda dengan kebahagiaan, minggu-minggu Anda dengan kemakmuran, bulan-bulan Anda dengan kepuasan, dan mata Anda dengan cinta dan kedamaian! Selamat Idulfitri.

20. Biarlah acara istimewa Idulfitri ini menghiasi hidup Anda dengan warna-warni surga. Saya berharap Hari Idulfitri yang indah untuk Anda dan keluarga Anda.

(PAT)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id