Pemerintah Waspadai Potensi Penyebaran Flu Burung

    Candra Yuri Nuralam - 03 Februari 2020 10:25 WIB
    Pemerintah Waspadai Potensi Penyebaran Flu Burung
    Ilustrasi. Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
    Jakarta: Virus flu burung terdeteksi di tengah wabah virus korona tipe Novel Coronavirus (2019-nCoV) di Tiongkok. Kementerian Kesehatan pun mewaspadai penyebaran virus flu burung ini.

    "Kita antisipasi (virus flu burung), pada prinsipnya sama, ini virus dan ada pada unggas," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Anung Sugihartono di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Senin, 3 Februari 2020.

    Anung mengatakan langkah awal mengantisipasi virus flu burung dengan memberi imbauan kepada masyarakat. Menjaga kesehatan dengan baik penting guna mencegah terpapar virus.

    "Tentu kewaspadaan yang kita lakukan dan peningkatan kesehatan masyarakat sangat penting dan kita tingkatkan," ujar Anung.

    Kemenkes belum memegang data pasti sudah ada atau belum unggas di Indonesia terkena flu burung. Kemenkes berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk melakukan pengecekan.

    "Kita sudah kontak dengan teman-teman Kementan, yang saat ini sudah meningkatkan kewaspadaan di sektor peternakan," tutur Anung.

    Pemerintah Tiongkok mendeteksi wabah flu burung di dekat pusat penyebaran virus korona tipe Novel Coronavirus (2019-nCoV). Flu burung itu terdeteksi di Hunan yang berbatasan dengan Hubei, provinsi awal mula munculnya virus korona nCoV.

    Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), flu burung ditimbulkan virus H5N1. Ini merupakan penyakit pernapasan akut yang melanda sistem pernapasan sejumlah jenis unggas dan burung.

    Flu burung bersifat mematikan jika diderita manusia, dengan tingkat kematian mencapai 60 persen dari total kasus penyakit tersebut dalam 15 tahun terakhir. Angka tersebut jauh lebih kecil dibanding Sindrom Pernapasan Akut Berat (SARS) di angka 10 persen, dan korona virus nCoV 2 persen.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id