Kemendagri Sebut Perlindungan Data DPT di Tangan KPU

    M Sholahadhin Azhar - 22 Mei 2020 06:02 WIB
    Kemendagri Sebut Perlindungan Data DPT di Tangan KPU
    Ilustrasi peretasan. Medcom.id/M Rizal
    Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merespons kebocoran data penduduk dari data Komisi Pemilihan Umum (KPU). Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri tak bertanggung jawab melindungi data penduduk di Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang disusun KPU.  

    "Enggak (bertanggung jawab). Data sudah kita berikan penuh ke KPU," kata Direktur Jenderal Kependududukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh kepada Medcom.id, Jumat, 22 Mei 2020.

    Kemendagri bertugas menyetorkan daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4) kepada KPU. Data diserahkan ke KPU menjelang penyusunan DPT dalam proses pemilihan umum.

    DP4 untuk Pemilihan Kepala Daerah 2020 misalnya, telah diserahkan pada akhir Februari 2020. KPU menggunakan data tersebut untuk menyusun daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada 2020.

    Zudan menyebut pihaknya tak tahu menahu soal kebocoran data. Apalagi ada kop surat KPU bertuliskan daftar pemilih tetap untuk Pemilihan Umum 2014 dalam informasi pribadi yang dibocorkan. Kemendagri sudah menyampaikan ke KPU terkait komitmen perlindungan data pribadi penduduk.

    Namun, dia mengakui DPT Pemilu 2014 bisa diunduh per TPS. Dia menduga tersebarnya data tersebut bukan karena peretasan. Pihak Kemendagri pun telah berkoordinasi dengan KPU.

    "Kemdagri setelah Pemilu 2014 meminta kepada KPU agar sejumlah item data pemilih diganti tanda bintang," kata Zudan.

    Baca: Data 2,3 Juta Penduduk Indonesia Bocor di Dunia Maya

    Sebuah akun Twitter spesialis pengawasan dan perlindungan data mengungkap data 2,3 juta penduduk Indonesia bocor di dunia maya. Akun @underthebreach mengungkap seseorang telah membagikan data mentah berisi nama, alat, NIK, dan nomor KK tersebut di sebuah forum.

    "Aktor membocorkan informasi 2,3 juta warga negara Indonesia," tulis akun @underthebreach itu pada Kamis malam, 21 Mei 2020.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id