Fatwa MUI: Vaksinasi Covid-19 Selama Bulan Ramadan Dilakukan Malam Hari

    Anggi Tondi Martaon - 16 Maret 2021 19:29 WIB
    Fatwa MUI: Vaksinasi Covid-19 Selama Bulan Ramadan Dilakukan Malam Hari
    Ilustrasi Gedung MUI. Dok. MI



    Jakarta: Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan sejumlah rekomendasi soal pelaksanaan vaksinasi selama bulan Ramadan 1442 Hijriah/2021. Proses imunisasi disarankan berlangsung pada malam hari.

    Rekomendasi itu termaktub dalam Fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 Saat Berpuasa. Ketentuan ini diharapkan bisa menjadi rujukan bagi pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi selama bulan puasa.

     



    "Pemerintah dapat melakukan vaksinasi covid-19 pada malam hari bulan Ramadan," dikutip dari Fatwa MUI yang dirilis Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh, Selasa, 16 Maret 2021.

    Rekomendasi penyuntikan di malam hari diberikan mengingat umat Islam tengah menjalankan ibadah puasa pada siang hari. Dikhawatirkan jika vaksinasi dilakukan siang hari dapat membahayakan karena kondisi fisik lemah.

    Namun, MUI menegaskan vaksinasi melalui injeksi intramuskular (disuntik) tidak membatalkan puasa. Hukum melakukan vaksinasi bagi umat Islam yang sedang berpuasa dengan cara injeksi intramuscular adalah boleh. Sepanjang tidak menyebabkan bahaya bagi umat (dlarar).

    MUI memastikan pemerintah tetap dapat melakukan vaksinasi covid-19. Sehingga, upaya pencegahan penularan wabah covid-19 bisa dilakukan.

    Umat Islam juga wajib berpartisipasi dalam program vaksinasi covid-19. Upaya tersebut diharapkan dapat mewujudkan kekebalan kelompok.

    Baca: Kemenkes Tak Sarankan Uji Antibodi Mandiri Usai Divaksinasi

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id