6 Kapal TNI AL Dikerahkan Bantu Distribusi Logistik di NTT

    Fachri Audhia Hafiez - 08 April 2021 07:40 WIB
    6 Kapal TNI AL Dikerahkan Bantu Distribusi Logistik di NTT
    Ilustrasi kapal TNI. ANTARA/M Risyal Hidayat



    Jakarta: Sebanyak enam kapal milik TNI Angkatan Laut (AL) dikerahkan untuk membantu distribusi logistik untuk korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kapal juga bertugas mempercepat proses evakuasi korban.

    "TNI AL melaporkan telah menyiapkan sejumlah kapal," ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dalam konferensi virtual, Rabu malam, 7 April 2021.






    Keenam kapal itu terdiri atas KRI Oswald Siahaan, KRI Ahmad Yani, KRI Semarang, KRI Teluk Amboina, KRI Tanjung Kambani, dan KRI Escolar. TNI AL juga mengerahkan sea rider atau kapal taktis yang bisa dimobilisasi dari Larantuka ke Adonara.

    Baca: Puluhan Korban Tanah Longsor di Lama Nele Dimakamkan Massal

    Selain itu, TNI Angkatan Darat (AD) serta jajaran Kodam Udayana memberikan dukungan berupa dapur lapangan di lokasi pengungsian. Sementara itu, TNI Angkatan Udara (AU) menyiapkan sejumlah pesawat Hercules sebagai armada pengangkut.

    "Pesawat Hercules untuk membawa dan memobilisasi personel TNI yang akan ditugaskan di beberapa tempat sebagaimana yang sudah disampaikan oleh Panglima TNI (Marsekal Hadi Tjahjanto)," ucap Doni.

    Belasan wilayah di NTT terdampak bencana alam akibat siklon tropis Seroja pada Minggu, 4 April 2021. Wilayah itu terdiri atas Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Malaka, Kabupaten Lembata, Kabupaten Ngada, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Ende, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Alor, Kabupaten Kupang, Kabupaten Belu, Kabupaten Timor Tengah Utara, dan Kota Kupang.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id