Setahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, Ada Perlakuan Kurang Baik pada Jurnalis

    Siti Yona Hukmana - 21 Oktober 2020 20:43 WIB
    Setahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, Ada Perlakuan Kurang Baik pada Jurnalis
    Aksi teatrikal kekerasan wartawan di seberang Istana Merdeka, Jakarta. ANT/Sigid Kurniawan.
    Jakarta: Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menemukan perlakuan kurang baik terhadap jurnalis oleh aparat penegak hukum maupun masyarakat. Perlakuan buruk itu tampak sejak 2019.

    "Adanya perlakuan yang kurang baik kepada jurnalis di lapangan, makanya tadi disampaikan Pak Ketua (Ahmad Taufan Damanik) soal hak publik untuk mendapatkan informasi memang suatu hal yang penting dapat perhatian pemerintah," kata Komisioner Komnas HAM Amiruddin Al-Rahab dalam konferensi pers daring, Rabu, 21 Oktober 2020.

    Amiruddin mengatakan kekerasan terhadap jurnalis harus segera dituntaskan oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Pemerintah diminta segera membuat sikap terhadap upaya perlindungan terhadap kerja jurnalistik.

    Sebab, kata dia, tanpa jurnalistik kinerja pemerintahan di dunia demokrasi tidak bisa diawasi. Artinya hak publik untuk mendapatkan informasi menjadi cedera.

    "Itu memang menjadi perhatian kita, makanya kita sampaikan dalam konferensi pers, ini salah satu agenda Komnas HAM yang harus mendapat perhatian. Dalam satu tahun ini sepertinya agak terpinggirkan oleh pemerintah," kata Amiruddin.

    Baca: 28 Anggota Polisi Diduga Pukuli Jurnalis di Palu Masih Saksi

    Semenara itu, Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Mohammad Choirul Anam mengatakan kekerasan terhadap jurnalis tidak hanya terjadi di lapangan. Menurut dia, ada serangan-serangan dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab terhadap fungsi kerja jurnalis.

    "Salah satunya adalah problem serangan digital. Waktu itu yang dialami oleh Tempo, Tirto, oleh beberapa rekan media lain," kata Anam.

    Anam mendapatkan pengaduan langsung dari media tersebut. Dia mengatakan kasus kekerasan dan serangan terhadap jurnalis tengah ditangani Komnas HAM.

    "Termasuk juga bagaimana kasus itu dipastikan tidak terjadi lagi kepada para jurnalis yang lain. Khususnya tren saat ini adalah hacking dan doxing, kasus doxing terakhir dialami oleh teman liputan6.com itu kami tangani," kata Anam.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id