Jokowi: Kalau Gunakan Cara Lama, Pendidikan Tak Berjalan saat Pandemi

    Fachri Audhia Hafiez - 02 Mei 2021 21:24 WIB
    Jokowi: Kalau Gunakan Cara Lama, Pendidikan Tak Berjalan saat Pandemi
    Podcast Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021.



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai perlu ide-ide belajar kreatif dalam kegiatan pendidikan di masa pandemi covid-19. Bila masih menggunakan cara lawas, kegiatan belajar mengajar diyakini tak berjalan.

    Hal itu disampaikan Kepala Negara dalam podcast bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021. Podcast selama hampir 30 menit itu disiarkan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden.






    "Kalau kita gunakan cara-cara lama ya pendidikan tidak bisa jalan di era pandemi ini, enggak akan bisa," ujar Jokowi, Minggu, 2 Mei 2021.

    Baca: Jokowi: Pendidikan Harus Memerdekakan Manusia

    Jokowi menyadari perubahan drastis dalam dunia pendidikan di Tanah Air. Kondisi itu juga dialami 215 negara yang terdampak pandemi covid-19.

    Kepala Negara mengatakan pembelajaran jarak jauh sebagai opsi mencegah penularan covid-19 di ranah pendidikan. Tantangannya, adalah memastikan pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik, terutama untuk pendidikan dasar.

    Jokowi menilai perlu ide-ide baru dalam kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan ruang digital. Tenaga pendidik juga dituntut mencari formula kreatif agar pelajaran mudah diterima peserta didik.

    "Guru-guru dituntut betul-betul untuk kreatif dan inovatif. Perlu cara-cara baru, digital, hybrid, dan kita harus cepat adaptif, kreatif, serta ada inovasi-inovasi terus di situasi pandemi," kata Jokowi.

    Dia berharap pandemi tidak menjadi penghalang mencapai kemajuan di bidang pendidikan. Kepala Negara berharap cita-cita menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul tidak berhenti.

    "Agar pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia ini benar-benar dirasakan oleh rakyat kita dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, semuanya merasakan," ucap Jokowi.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id