Listrik di Kota Bitung Sulawesi Utara Padam Pascagempa

    Kautsar Widya Prabowo - 15 November 2019 00:42 WIB
    Listrik di Kota Bitung Sulawesi Utara Padam Pascagempa
    Ilustrasi gempa. (Foto: Medcom.id).
    Bitung: Guncangan gempa berpotensi tsunami dirasakan kuat oleh masyarakat Kota Bitung, Sulawesi Utara. Guncangan gempa membuat aliran listrik di Kota Bitung padam.

    "Barang-barang berjatuhan dan listrik langsung padam," kata Hence Rotinsulu saat dihubungi Metro TV, Jumat, 15 November 2019.

    Terang Hence, guncangan gempa dirasakan cukup kuat berlangsung selama tujuh detik. Gempa yang terjadi tengah malam ini membangunkan seluruh anggota keluarganya dan buru-buru mengevakuasi ke tempat yang lebih tinggi.

    Terang dia, saat ini masayarakat Bitung berhamburan keluar rumah. Jalanan di kota Bitung mengalami kemacetan dipenuhi kendaraan warga yang ingin menyelamatkan diri. 

    Guncangan gempa pun dirasakan hingga ke ibu kota Sulawesi Utara, Manado. Warganet membagikan kondisi terkini situasi lalu lintas di Kota Manado dipenuhi warga yang ingin mengevakuasi ke tempat yang lebih tinggi.
     
    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini tsunami untuk wilayah Maluku Utara (Malut) dan Sulawesi Utara (Sulut). Peringatan tsunami ini menyusul gempa 7,1 magnitude yang mengguncang wilayah Jailolo, Maluku Utara.

    Berdasarkan data permodelan BMKG, wilayah Sulut yang berpotensi tsunami ialah Kota Bitung dengan status waspada. Lalu dua wilayah di Maluku Utara di Halmahera dan Ternate dengan status waspada. 

    Gempa berkekuatan 7,4 magnitude mengguncang Jailolo, Maluku Utara. Pusat gempa berada di darat 134 kilometer (km) Barat Laut Jailolo. 
     
    Gempa terjadi pada Kamis, 14 November 2019 sekitar pukul 23.17 WIB. Kekuatan gempa hingga kedalaman 10 km. Titik koordinat gempa berada pada 1,63 Lintang Utara (LU), 126 , 40 Bujur Timur (BT).



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id