Dorong Ekonomi Ramah Lingkungan, Pemerintah Menggalakkan Rehabilitasi Mangrove

    Kautsar Widya Prabowo - 12 Oktober 2021 03:07 WIB
    Dorong Ekonomi Ramah Lingkungan, Pemerintah Menggalakkan Rehabilitasi Mangrove
    Presiden Joko Widodo meninjau hutan mangrove di Bali. Foto: BPMI



    Jakarta: Wakil Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Alue Dohong menjelaskan pemerintah tengah berupaya menggalakkan rehabilitasi mangrove. Hal itu dilakukan guna mentransformasi ekonomi Indonesia ke arah ekonomi hijau.

    "Itu penting dalam rangka mendorong arah perekonomian kita ke depan yang bertranformasi dari konvensional yang berbasis bahan bakar fosil menjadi ekonomi yang ramah lingkungan berkelanjutan," ujar Alue dalam konferensi pers secara virtual, Senin, 11 Oktober 2021.

     



    Alue menyebut upaya rehabilitas mangrove dilakukan sebagai komitmen Indonesia dalam mengendalikan perubahan iklim global. Mangrove diharapkan dapat menjadi ponyokong terbesar dalam ekonomi hijau.

    "Kalau kita bicara green economy berarti nanti bisa carbon trading dan seterusnya termasuk pencapaian NDC (Nationaly Determined Contribution) kita," kata dia.

    Baca: Jokowi Berharap Banyak pada Hutan Mangrove, Ini Manfaatnya

    Selain itu, mangrove merupakan bagian penting dalam ekosistem sekuestrasi dan penyerapan karbon. Sebab, mangrove yang masih dalam kondisi baik merupakan tempat menyekuetrasi karbon dioksida yang disimpan dalam bentuk biomassa pohon atau karbon.

    "Dan juga menyimpan karbon yang luar biasa sebetulnya di tanahnya sendiri atau sering disebut dengan burial carbon yang tersimpan di tanahnya mangrove. Nah ini potensi besar kita dalam rangka juga konteks blue carbon economy," kata dia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id