comscore

Kemenag Diminta Buat Regulasi Mengawasi Badan Zakat

Kautsar Widya Prabowo - 06 November 2021 12:46 WIB
Kemenag Diminta Buat Regulasi Mengawasi Badan Zakat
Ilustrasi zakat/BAZNAS
Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) diminta membuat regulasi khusus mengawasi aktivitas lembaga amil zakat (LAZ). Hal itu menjadi upaya mencegah terjadinya penyelewengan dana zakat. 

"Kemenag itu harus ada regulasi, lebih teliti lagi supaya zakat itu betul-betul dipantau sampai paling hilir," ujar Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, di Jakarta, Sabtu, 6 November 2021.
Baca: Hindari Pendanaan Teroris, Masyarakat Diminta Hati-hati Berzakat

Nasaruddin menilai zakat yang tersalurkan ke masyarakat dapat dipertanggungjawabkan dengan regulasi itu. Ia juga meminta masyarakat dapat berhati-hati saat menyalurkan zakat. 

"Jangan sampai itu nanti dana itu tidak tersalurkan kepada lembaga yang paling tepat menurut ukurun bangsa Indonesia ya," kata dia.

Ia menilai zakat bertujuan memberikan ketenangan bagi seluruh umat beragama. Bukan untuk menciptakan ketegangan antar umat.

Kemenag memastikan memperketat pengawasan aktivitas LAZ. Pengawasan menyusul terungkapnya Yayasan LZM BM ABA menjadi penggalangan dana bagi kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI).

"Kita melakukan pengawasan ketat terkait peredaran pengumpulannya dan distribusinya," ujar Staf Khusus Menteri Agama Bidang Toleransi, Terorisme, Radikalisme, dan Pesantren, Nuruzzaman, kepada Medcom.id, Jumat, 5 November 2021.

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri membekukan rekening milik Yayasan LAZ ABA yang diduga terafiliasi dengan kelompok teroris JI. Pembekuan rekening sejak penyidikan terhadap kelompok JI.

"Rekening-rekening yang terkait langsung dalam perkara tersebut beserta asetnya sudah disita oleh penyidik Densus 88," ujar Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar saat dikonfirmasi, Selasa, 2 November 2021.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id