comscore

Presiden Perintahkan Polri Hormati Kebebasan Berpendapat

Dhika Kusuma Winata - 03 Desember 2021 12:53 WIB
Presiden Perintahkan Polri Hormati Kebebasan Berpendapat
Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Bali: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti tindakan kepolisian yang kerap menghapus mural dan menangkap warga yang menyampaikan pendapatnya. Polri diminta untuk menanggapi kritikan dengan pendekatan persuasif dan dialogis.

"Hati-hati terhadap yang namanya indeks kebebasan berpendapat turun. Karena ini persepsi dilihat masyarakat. Sekali lagi ini persepsi, dikit-dikit ditangkap. Oleh sebab itu pendekatan harus persuasif dan dialogis," ucap Jokowi dalam pengarahannya pada Apel Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) 2021 dilansir dari Media Indonesia, Jakarta, Jumat, 3 Desember 2021.

 



Jokowi menegaskan tak alergi dengan kritik. Menurut dia, aspirasi melalui mural merupakan bentuk kebebasan berpendapat yang lazim dalam demokrasi.

"Saya datang ke sebuah daerah ada mural dihapus, ramai. Urusan mural saja ngapain sih? Wong saya dihina, saya dimaki-maki, difitnah udah biasa. Ada mural saja takut, ngapain?," ucap dia.

Presiden menegaskan Indonesia merupakan negara demokrasi. Pemerintah terbuka terhadap kritikan. Kepala Negara memerintahkan kepolisian dapat menghormati kebebasan berpendapat.

Baca: Jokowi Perintahkan Polri Bantu Masyarakat Lemah dan Terpinggirkan

"Kritik dipanggil, mengkritik dipanggil. Kalau mengganggu ketertiban iya silakan tapi kalau enggak, jangan. Karena kita sudah menyatakan ini negara demokrasi. Hormati kebebasan berpendapat dan serap aspirasinya," ucap Jokowi.

Meski begitu, Presiden mengatakan bukan berarti kepolisian tak bisa bertindak tegas. Jokowi mengatakan jika ketertiban masyarakat terganggu, langkah tegas bisa diambil.

"Tapi ketegasan itu juga jangan hilang dari Polri," ungkapnya.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id