Rawan Covid-19, Penolak UU Cipta Kerja Diminta Menempuh Judicial Review

    Anggi Tondi Martaon - 28 Oktober 2020 14:22 WIB
    Rawan Covid-19, Penolak UU Cipta Kerja Diminta Menempuh <i>Judicial Review</i>
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Penolak Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) diminta menempuh uji materi atau judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK) daripada melakukan demonstrasi. Sebab, penyampaian protes di tempat umum rawan penyebaran covid-19.

    "Kita tetap harus menjaga agar tidak ada penyebaran terhadap covid-19 ini," kata anggota DPR dari Fraksi NasDem Taufik Basari (Tobas) dalam keterangan tertulis, Rabu, 28 Oktober 2020.

    Imbauan agar menghindari demonstrasi juga ditujukan kepada mahasiswa. Mereka diminta menyampaikan aspirasinya melalui dialog dengan banyak pihak ketimbang melakukan unjuk rasa berjilid-jilid.

    "Alternatif penyampaian pendapat untuk mencari penyelesaian dari masalah tetap harus dipertimbangkan sebagai jalur-jalur yang bisa ditempuh selain melakukan demonstrasi," kata dia.

    Baca: Polisi Endus Pergerakan Perusuh Demo UU Cipta Kerja

    Ketua DPP NasDem Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia itu menyebut berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sebanyak 123 mahasiswa dinyatakan positif covid-19 setelah melakukan ujuk rasa penolakan UU Ciptaker. Ini membuktikan kerumunan massa berisiko menularkan virus korona.

    "Ini yang harus kita pikirkan bersama tanpa mengurangi rasa hormat kepada pendapat-pendapat dari teman-teman‎," kata dia.

    Anggota Komisi III itu menilai penyebab permasalahan UU Ciptaker adalah tersumbatnya komunikasi pemerintah kepada publik. Sehingga, masyarakat tidak mendapatkan informasi secara utuh.

    ‎"Karena itu kita harus perbaiki dengan dialog seluas-luasnya. Apa yang menjadi masalah, salah paham bisa diselesaikan dengan dialog," kata dia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id