Satgas Covid-19 Daerah Diminta Pantau Ketersediaan Alat Kesehatan

    Cindy - 27 November 2020 09:00 WIB
    Satgas Covid-19 Daerah Diminta Pantau Ketersediaan Alat Kesehatan
    Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di daerah diminta memantau ketersediaan alat kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan. Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta satgas daerah berkoordinasi dengan pemerintah pusat bila menemukan kendala.

    "Jangan sampai layanan kesehatan terhambat akibat kurangnya ketersediaan alat material kesehatan," kata Wiku di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis, 26 November 2020.

    Pihaknya telah mendistribusikan alat kesehatan ke berbagai daerah pada 24 November 2020. Meliputi, 24,5 juta masker bedah, 5,8 juta alat pelindung diri (APD), 6 juta masker N95, dan 156 ribu face shield.

    Kemudian, alat kesehatan lainnya, yaitu 1 juta medical gloves, 1.200 unit portable ventilator, 1,1 juta alat rapid test. Satgas Covid-19 juga telah mendistribusikan 3,9 juta reagen PCR dan 3,1 juta reagen RNA.

    "Distribusi alat kesehatan ini merupakan bentuk nyata dukungan dari berbagai pihak terhadap upaya pemerintah dalam menangani pandemi covid-19 ini," ujar dia.

    Alat kesehatan yang sudah didistribusikan ini menjadi modal utama bagi daerah memasifkan 3T. Yaitu testing (pemeriksan), tracing (pelacakan), dan treatment (perawatan).

    Satgas Covid-19 meminta seluruh daerah memaksimalkan penggunaan alat kesehatan yang sudah didistribusikan. Seluruh kendala yang muncul diminta segera dikoordinasikan dengan pemerintah pusat agar segera mendapat solusi.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id