comscore

HUT ke-75, Legislator Desak Persenjataan TNI Dimodernisasi

Theofilus Ifan Sucipto - 05 Oktober 2020 23:45 WIB
HUT ke-75, Legislator Desak Persenjataan TNI Dimodernisasi
Sejumlah prajurit TNI Angkatan Darat, Udara, dan Laut baris-berbaris di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur. Foto: MI/Adi Maulana Ibrahim
Jakarta: Anggota Komisi I DPR, Sukamta, meminta industri alat utama sistem senjata (alutsista) Indonesia dimodernisasi. Ini penting agar persenjataan Indonesia tidak kalah dengan negara lain dalam melindungi negara.

"Industrinya perlu dikembangkan dan dimodernisasi untuk menghasilkan alutsista yang canggih," kata Sukamta dalam keterangan tertulis menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 TNI, Senin, 5 Oktober 2020.
Indonesia juga harus mengembangkan sistem keamanan modern untuk mengantisipasi perang. Terutama perang siber dan biologis.

"Peningkatan kesiapsiagaan TNI ini tentu membutuhkan upaya modernisasi secara simultan," ujar dia.

TNI, kata Sukamta, berhasil menarik perhatian dunia internasional. Buktinya, kekuatan TNI berada di posisi 16 dari 137 negara dan menjadi yang terkuat di Asia Tenggara.

"Meskipun dari sisi persenjataan masih tertinggal dari beberapa negara seperti Vietnam dan Singapura," ucap Sukamta.

Baca: HUT ke-75, DPR Minta TNI Jaga Integritas dan Profesionalitas

Sukamta menegaskan perbaikan di bidang persenjataan harus dibarengi sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten. Kehadiran TNI harus dirasakan masyarakat khususnya di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) Indonesia.

"Dari sisi SDM perlu didorong semakin modern dan profesional, mengingat perkembangan teknologi bergerak sangat cepat," kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara HUT ke-75 TNI. Upacara digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, dan dapat disaksikan secara virtual.

Jokowi menyebut TNI penjaga utama kedaulatan negara. TNI juga setia menjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 serta melindungi bangsa Indonesia.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id