Kota Berstatus Zona Merah Diprioritaskan Dapat Vaksin Covid-19

    M Iqbal Al Machmudi - 17 Oktober 2020 10:14 WIB
    Kota Berstatus Zona Merah Diprioritaskan Dapat Vaksin Covid-19
    Ilustrasi korona. Medcom.id
    Jakarta: Sekretaris Eksekutif Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPPEN) Raden Pardede mengungkapkan daerah bersatus zona merah covid-19 bakal diprioritaskan mendapat vaksin. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus.

    "Terkait kota yang prioritas mendapatkan vaksin akan ditentukan oleh Kementerian Kesehatan. Tetapi besar kemungkinan zona merah akan mendapat vaksin terlebih dulu," kata Raden kepada Media Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat, 16 Oktober 2020.

    Raden menuturkan penyebaran virus rentan terjadi pada daerah dengan populasi padat penduduk dan mobilitas masyarakat yang tinggi. Dia mencontohkan daerah pegunungan dengan penduduk yang tidak terlalu padat dan mobilitas masyarakat rendah, penularan lebih kecil.

    (Baca: Provinsi Prioritas Penerima Vaksin Covid-19 Masih Difinalisasi)

    "Bukan berarti kita tidak senang tetapi tingkat penularan sangat kecil. Sementara itu, kota zona merah karena populasi tinggi dan mobiltasnya tinggi jadi memang secara logika harus didahulukan tapi akan dibuat aturannya," tutur dia.

    Kementerian Kesehatan dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 masih menggodok provinsi prioritas penerima vaksin covid-19. Pertimbangan berdasarkan kriteria yang mengacu Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi.
     
    "Seluruh rincian informasi terkait alokasi prioritas vaksinasi dalam tahap finalisasi," kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers perkembangan kasus covid-19, di Jakarta Timur, Kamis, 15 Oktober 2020.
     
    Pemberian vaksin mengutamakan asas keadilan. Wiku meminta masyarakat bersabar dan terus mematuhi protokol kesehatan.

    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id