Peralatan Swab Milik BIN Dipastikan Sesuai Standar

    Kautsar Widya Prabowo - 29 September 2020 02:18 WIB
    Peralatan Swab Milik BIN Dipastikan Sesuai Standar
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Mepan RB) Tjahjo Kumolo memastikan kondisi alat tes usap atau swab test milik Badan Intelijen Negara (BIN) sesua standar. Ini dipastikan dari kondisi peralatan hingga kondisi pasien.

    BIN juga menerapkan ambang batas standar hasil tes PCR yang lebih tinggi dibandingkan institusi atau lembaga lain. Untuk mencegah orang tanpa gejala lolos screening maka BIN menaikkan menjadi 40.
     
    "Fenomena hasil swab test positif menjadi negatif Dewan Analis Strategis Medical Intelligence BIN juga termasuk jaringan intelijen di WHO telah menjelaskan itu bukan hal yang baru," kata Tjahjo dalam keterang tertulis, Senin, 28 September 2020.

     



    Sepengetahuan Tjahjo, dalam melakukan proses uji spesimen, laboratorium BIN menggunakan dua jenis mesin real time PCR, yaitu jenis Qiagen dari Jerman dan jenis Thermo Scientific PCR dari Amerika Serikat. Seluruh laboratorium itu telah memiliki sertifikat Laboratorium Biosafety Level 2 (BSL-2).

    "BIN juga melakukan kerjasama dengan Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman untuk standar hasil tes, sehingga layak digunakan untuk analisis Reverse Transcriptase-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang sesuai standar," kata dia.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id