comscore

Populer Nasional: Penghujung Siklus Kegempaan Hingga Kenaikan Kasus Omicron

Achmad Zulfikar Fazli - 17 Januari 2022 06:21 WIB
Populer Nasional: Penghujung Siklus Kegempaan Hingga Kenaikan Kasus Omicron
Dari catatan kegempaan, gempa besar terjadi setiap 200 tahun sekali. Metro TV
Jakarta: Sejumlah artikel menjadi yang terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id. Mulai dari isu terkait tentang kegempaan hingga penularan virus covid-19 varian Omicron.

Berikut tiga berita terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id, pada Minggu, 16 Januari 2022:

1. Tetap Waspada! Indonesia Memasuki Penghujung Siklus Kegempaan

Indonesia disebut sudah memasuki ujung 20 tahun siklus kegempaan. Salah satu gempa besar berpotensi tsunami yang akan terjadi berasal dari patahan megathrust di Selat Sunda.
 
Dilansir Headline News di Metro TV, Sabtu 15 Januari 2022, Kepala Laboratorium Geodesi Institut Teknologi Bandung (ITB) Heri Andreas menyebut bahwa patahan megathrust di selatan Jawa dan Sumatra telah menyimpan energi besar. Energi tersebut harus dilepaskan.

Baca: BPBD Lebak Catat 274 Rumah Rusak Akibat Gempa
 
Dari catatan kegempaan, gempa besar terjadi setiap 200 tahun sekali. Berdasarkan data dari Global Navigation Satellite System (GNSS), potensi gempa magnitudo 8 hingga magnitudo 9 terdeteksi berada di Selatan Jawa dengan tsunami yang bisa menjalar melewati Selat Sunda.
Selengkapnya baca di sini

2. Kejagung Diyakini Bisa Ungkap Mafia dalam Proyek Satelit di Kemenhan

Kejaksaan Agung (Kejagung) bakal mengumumkan detail perkara proyek satelit Kementerian Pertahanan (Kemenhan) pekan depan. Termasuk, informasi ihwal kemungkinan adanya mafia yang tidak ingin kasus ini diselesaikan.
 
"Kejaksaan yang memutuskan apakah ada yang sengaja menutup-nutupi," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dalam program Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Blak-blakan Mahfud MD Bongkar Mafia di Kemhan,’ Minggu, 16 Januari 2022.
 
Mahfud mengatakan sejatinya Kejagung telah dilibatkan sejak lama dalam penuntasan perkara tersebut. Korps Adhyaksa telah mengimbau pemerintah membeli bantuan hukum.

"Untuk nego-nego di arbitrase Singapura agar tagihan dari Navayo dinyatakan salah dan tidak berdasar," kata dia.

Selengkapnya baca di sini

3. Transmisi Lokal Omicron di Jakarta Naik, Masyarakat Diminta Waspada

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) meminta masyarakat Ibu Kota berhati-hati dan waspada dengan penularan transmisi lokal Omicron. Apalagi, kasus Omicron di Jakarta naik signifikan.
 
"Sejumlah 153 kasus itu adalah penularan transmisi lokal merupakan angka yang mengkhawatirkan. Karena itulah, kami minta hati-hati ini gejalanya memang ringan. Tapi tidak boleh dianggap remeh," ujar Ariza di Jakarta, Minggu, 16 Januari 2022.
 
Ariza mengatakan angka kasus Omicron di Jakarta mencapai 720. Sebanyak 75 persen atau 567 di antaranya merupakan kasus impor.

Baca: Waspada! Puncak Gelombang Omicron Terjadi Akhir Februari

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mencatat kasus Omicron di Ibu Kota hampir mencapai 500 orang. Ariza memastikan penyebaran Omicron mayoritas berasal dari orang-orang yang melakukan perjalanan ke luar negeri.
 
"Wisatawan, WNI, WNA yang datang dari luar negeri dan terpapar covid-19," ujar Ariza.

Selengkapnya baca di sini

Artikel seputar siklus kegempaan hingga penularan Omicron di Kanal Nasional Medcom.id akan terus diperbarui. Klik di sini untuk mengetahui perkembangan informasinya.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id