comscore

NasDem Ingatkan Penggunaan Ganja Medis Butuh Kajian Mendalam

Anggi Tondi Martaon - 05 Juli 2022 00:54 WIB
NasDem Ingatkan Penggunaan Ganja Medis Butuh Kajian Mendalam
Ketua DPP Partai NasDem Okky Asokawati. Dok: NasDem
Jakarta: Pembuat kebijakan diingatkan berhati-hati merumuskan aturan penggunaan ganja medis. Wacana tersebut harus melalui kajian mendalam.

Ketua DPP Bidang Kesehatan Partai NasDem Okky Asokawati menyampaikan kajian harus dilakukan melalui berbagai aspek. Mulai dari agama, hukum, termasuk budaya Indonesia
"Jadi harus komprehensif,” kata Okky melalui keterangan tertulis, Senin, 4 Juli 2022.

Eks anggota Komisi IX DPR itu menyambut positif respons sejumlah pihak terkait wacana ganja medis. Seperti yang dilakukan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan DPR dalam merespons gagasan legalisasi ganja untuk kepentingan medis. 

Okky pun mengaharapkan DPR dan pemerinatah agar bergerak cepat untuk merespons aspirasi yang muncul di tengah publik. “Fakta bahwa ganja dapat dijadikan untuk kepentingan medis harus diakomodasi melalui pembahasan dan kajian yang mendalam,” ungkap dia.  
 

Baca: DPR Pertimbangkan Ganja 'Turun Kelas' Demi Medis


Okky menyampaikan mayoritas publik memiliki sudut pandang terhadap ganja yang merupakan jenis narkotika yang membahayakan bagi tubuh manusia. Diharapkan, kajian yang multi-perspektif memperkaya pandangan masyarakat atas wacana legalisasi ganja.

“Jika skenario ganja dilegalkan untuk kepentingan medis, harus dikelola dengan ketat penggunaannya agar tidak disalahgunakan untuk kepentingan di luar medis,” sebut dia.

Anggota komisi yang membidangi kesehatan itu menegaskan hukum harus dapat merespons kebutuhan masyarakat di lapangan. Namun di sisi yang lain, Okky juga mengingatkan tentang bahya penyalahgunaan ganja bagi kesehatan penggunanya.

"Makanya, harus dikaji secara komprehensif dengan melibatkan para ahli di bidangnya. NasDem mendorong kajian ini secara serius dan mendalam,” ujar dia.

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id