Covid-19 Sulit Diperangi Bila Fokus Penanganan Hanya di Hilir

    Theofilus Ifan Sucipto - 17 September 2020 14:53 WIB
    Covid-19 Sulit Diperangi Bila Fokus Penanganan Hanya di Hilir
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Penambahan fasilitas kesehatan (faskes) dan tenaga kesehatan (nakes) dinilai tidak serta merta menghentikan penyebaran virus korona (covid-19). Penanganan covid-19 harus dari hulu hingga ke hilir.

    "Sampai kapan pun kalau terkonsentrasi menyiapkan faskes, dokter, dan nakes, pasti akan kurang," kata Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Adib Khumaidi, di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Kamis, 17 September 2020.

    Menurut Adib, harus ada sikap serius pemerintah untuk menekan penyebaran korona dari pangkalnya. Dia mengusulkan metode strategi perang semesta melawan covid-19.

    Baca: Fasilitas Pengobatan Covid-19 di Wisma Atlet Diklaim Masih Memadai

    Metode ini, kata Adib, menempatkan masyarakat sebagai garda terdepan pencegahan covid-19. Setiap masyarakat dilatih mendeteksi dini virus yang pertama kali menjangkiti, Wuhan, Tiongkok, tersebut.

    "Kontrol sosial dan deteksi cepat dengan mengontrol wilayah masing-masing sehingga tidak mengandalkan pemerintah pusat dan daerah saja," ujar dia.

    Adib menekankan upaya itu harus dibarengi protokol kesehatan yang ketat. Pemerintah harus terus menyosialisasikan protokol kesehatan. Hal ini penting agar masyarakat sadar pentingnya menjaga diri sendiri dan orang lain.

    (JMS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id