Mendagri: Korona Bukan Penyakit Mematikan

    Cindy - 17 Maret 2020 16:43 WIB
    Mendagri: Korona Bukan Penyakit Mematikan
    Mendagri Tito Karnavian (kanan) di Balai Kota DKI Jakarta. Foto: Medcom.id/Cindy
    Jakarta: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut virus korona (covid-19) bukan penyakit mematikan. Masyarakat diminta tenang dan tak panik menghadapi masa pandemi virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok tersebut.

    "Masyarakat sekali lagi tidak perlu panik. Corona virus disease itu bukan penyakit yang fatalitas (korban) atau mematikannya sangat berbahaya, jadi jangan jadikan ini momok," kata Tito di Pendopo Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 17 Maret 2020.

    Menurut mantan Kapolri itu, sejauh ini ada banyak kasus yang membuktikan jika korona tidak menakutkan. Bahkan, pasien positif korona yang sembuh lebih banyak ketimbang meninggal.

    "Banyak case menunjukkan bahwa banyak yang sembuh dengan sendirinya ketika daya tahan tubuh memang kuat," kata dia.

    Tito mengingatkan kepanikan masyarakat justru berdampak negatif bagi kesehatan pribadi. Parahnya, berimbas pada perekonomian negara.

    Baca: Mendagri Imbau Anies Tak Bekerja Sendiri Atasi Korona

    Dia mengatakan pencegahan penularan covid-19 yang mudah dilakukan adalah dengan memperkuat daya tahan tubuh. Caranya berolahraga rutin, rajin mencuci tangan serta mendapat paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet.

    "Warga bisa makan makanan bergizi terutama yang mengandung vitamin C dan E, buah-buahan kemudian taoge, brokoli. Saya kira bahan itu mudah didapat di pasar trandisional," ucap Tito.

    Di sisi lain, Tito menyambut baik langkah cepat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam penanganan penyebaran covid-19. Kebijakan menyemprot disinfektan di sarana publik hingga penyediaan cairan pencuci tangan dinilai efektif.

    "Ini nanti akan saya sampaikan kepada Gugus Tugas yang sebetulnya sekarang sudah dimulai rapatnya. Saya akan sampaikan masukan, langkah dan strategi yang disampaikan Pak Gubernur," kata Tito.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id