Sisi Positif Penerapan Protokol Kesehatan

    Anggi Tondi Martaon - 11 Juli 2020 20:58 WIB
    Sisi Positif Penerapan Protokol Kesehatan
    Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro saat wawancara di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Jumat, 12 Juni 2020. Foto: Antara/Galih Pradipta
    Jakarta: Masyarakat sudah mulai menjalankan protokol kesehatan semenjak virus korona mewabah di Indonesia. Kebiasaan ini membawa sisi positif terhadap kehidupan masyarakat Indoneia.

    Pertama, perilaku hidup bersih. Hal ini harap berdampak pada kesehatan masyarakat.

    "Sehingga mengurangi beban biaya penyakit di masyarakat," kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Sabtu, 11 Juli 2020.

    Kedua, masyarakat lebih melek teknologi. Selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB), seluruh lapisan masyarakat menggunakan teknologi saat berkomunikasi.

    "Pada saat PSBB di lakukan kebiasaan komunikasi dan berkumpul di dunia maya sudah dilakukan dan semakin membudaya," ungkap Reisa.

    Selanjutnya, membudayakan hidup ramah lingkungan. Tak sedikit masyarakat beralih menggunakan sepeda saat beraktivitas di luar rumah.

    "Dalam beberapa waktu kita lihat langit kota kembali biru dan udara lebih segar dari beberapa tahun yang lalu," sebut jebolan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan itu.

    Terakhir, meningkatkan solidaritas dan gotong royong. Reisa menyebutkan kepedulian masyarakat tumbuh selama virus korona mewabah. 

    Baca: Displin Protokol Kesehatan Harus Jadi Kebiasaan Warga

    Hal itu ditandai dengan jumlah donasi yang berhasil dikumpulkan mencapai ratusan miliar rupiah. Selain itu, puluhan ribu relawan masyarakat ikut membantu sebagai relawan. 

    "Dan ribuan dokter siap siaga untuk memastikan covid-19 tidak merajalela," ujar dia.

    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id