Kelurahan Tidung Batasi Akses Keluar Masuk Warga

    Yurike Budiman - 01 April 2020 02:12 WIB
    Kelurahan Tidung Batasi Akses Keluar Masuk Warga
    Ilustrasi kapal di Kepulauan Seribu. DOK Istimewa
    Jakarta: Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan membatasi akses keluar masuk warga setempat. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus korona (covid-19).

    "Pembatasan akses ini agar warga tidak masuk Pulau Tidung atau keluar pulau. Kecuali ada kepentingan mendesak dengan mendapatkan surat keterangan dari kepolisian setempat," ujar Lurah Pulau Tidung, Hafsah, di Jakarta, Selasa, 31 Maret 2020.

    Hafsah menuturkan langkah ini diambil atas kesepakatan bersama seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, dan aparatur kelurahan. Pembatasan akses sejak Senin, 30 Maret 2020 hingga 14 hari ke depan.

    Dia menuturkan warga yang boleh beraktivitas di luar rumah yakni pegawai kelurahan, kecamatan, puskesmas, kepolisian, Satpol PP, PJLP, PPSU, Gulkarmat, pengelola RPTRA, penjaga perkantoran pemerintah, dan pekerja JakGrosir. Warga diperbolehkan menukang, memancing, menjaring atau nelayan dan mengebor di wilayah yang paling dekat dengan Pulau Tidung.

    "Untuk para pedagang, demi memenuhi kebutuhan warung dapat memesan dan berkoordinasi via telepon dengan pemilik Kapal Feri Rawasaban, dan bentor (becak motor), sesampainya di Pulau Tidung," ujar dia.

    Dia menegaskan warga yang melanggar atau kedapatan keluar rumah bakal diberikan sanksi. Hafsah menyebut sanksi berupa sanksi isolasi selama 14 hari.

    "Itu kesepakatannya," tegas Hafsah.

    Ia berharap selama 14 hari ke depan warga tidak beraktivitas di luar rumah seperti berkumpul. Hafsah juga meminta warga menjaga jarak dan hidup bersih dan sehat.
     
    "Jika ada gejala penyakit, warga dianjurkan menghubungi via telepon atau aplikasi WhatsApp kepada petugas puskesmas, lurah atau Kasi pemerintahan yang nomornya telah kami sebar kepada warga," kata dia.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id