Festival Perth Bukti Pariwisata Indonesia Berkembang

    Juven Martua Sitompul - 27 Oktober 2019 08:17 WIB
    Festival Perth Bukti Pariwisata Indonesia Berkembang
    Festival Budaya Indonesia 2019 di Perth, Australia Barat. Foto: Medcom.id/Juven Martua Sitompul
    Perth: Festival Indonesia 2019 yang digelar di Perth, Australia Barat, dinilai bisa berdampak positif terhadap citra Indonesia. Acara kreasi seni ini bahkan dianggap sebagai bukti pariwisata Tanah Air tumbuh dan berkembang.

    “Pariwisata bukan saja sebagai prioritas nasional dan sangat potensional, tetapi pariwisata Indonesia menawarkan masyarakat dunia untuk lebih tahu, dan membuktikan bahwa pariwisata Indonesia sudah tumbuh, dan berkembang sebagaimana yang diharapkan bersama,” kata Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Hariyanto, di Elizabeth Quay, Perth, Australia Barat, Sabtu, 27 Oktober 2019.

    Menurut dia, Festival Indonesia di Perth berbeda dengan festival lain. Salah satu perbedaannya ada pada objek festival, yakni pelajar dan kaum milenial.

    Menurut dia, anak sekolah dan kaum milenial merupakan target yang tepat dan potensial untuk mengenalkan budaya serta destinasi wisata Indonesia. Dia optimistis pengenalan kekayaan alam Indonesia melalui pemuda lebih mudah dan peluang berhasilnya lebih besar.

    “Jadi pelibatan anak-anak sekolah dan anak-anak remaja yang langsung dalam kegiatan kepariwisataan akan memberi dampak yang cukup signifikan bagi masa depan pariwisata Indonesia,” ujarnya.

    Kementerian Pariwisata mengapresiasi keterlibatan sejumlah pihak, khususnya Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) dan Duta Besar RI untuk Australia, Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo, yang ikut menyukseskan Festival Indonesia. Hariyanto memastikan pihaknya bakal terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mendukung penuh kegiatan ini ke depannya.

    “Pertama tentu atas nama Kementerian Pariwisata kita menyambut baik festival Indonesia yang diselenggarakan di Perth ini, sama halnya juga dengan event-event sejenis yang dilaksanakan perwakilan kita di mancanegara,” pungkasnya.

    Festival Indonesia 2019 digelar di Elizabeth Quay, Perth, Australia Barat. Festival ini diselenggarakan KJRI sebagai bentuk perayaan keberagaman budaya Indonesia sekaligus peringatan hubungan diplomatik Indonesia dengan Australia.

    Festival kelima ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kali ini, kreasi seni yang disuguhkan KJRI untuk warga Australia Barat berlangsung selama tiga hari, tepatnya 25-27 Oktober 2019.

    Festival yang berlangsung tiga hari ini dibuka untuk umum. Festival diisi dengan sejumlah pertunjukan seni budaya, produk-produk dari berbagai daerah, promosi paket wisata Indonesia, pasar kuliner Tanah Air, sudut bermain anak-anak, termasuk permainan khas anak Indonesia.

    Festival Indonesia sebelumnya dikenal dengan nama Kreasi Indonesia. Kegiatan ini disiapkan oleh komunitas Indonesia di Perth dan sepenuhnya didukung KJRI.

    Kegiatan ini berlangsung setiap tahun sejak 2015. Selama kegiatan ini, pengunjung dapat menikmati wisata kuliner nusantara, mulai dari menu populer seperti Nasi Padang, Bakso, Sate, Soto, dan menu nusantara serta jajanan pasar lain.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id