Pemerintah: Arus Mudik Tahun Ini Lebih Baik

    Faisal Abdalla - 25 Juni 2018 13:06 WIB
    Pemerintah: Arus Mudik Tahun Ini Lebih Baik
    Rapat evaluasi pelaksanaan mudik Lebaran 2018. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla.
    Jakarta: Jajaran menteri Kabinet Kerja, Polri, dan TNI menggelar rapat analisa dan evaluasi pengamanan arus mudik Lebaran 2018. Hasilnya, pemerintah menyimpulkan penyelenggaraan arus mudik tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. 

    "Secara umum, dari evaluasi tadi bahwa tahun ini masyarakat ternyata lebih mudah untuk melakukan mudik Lebaran dan juga arus balik," kata Menko Polhukam Wiranto, di Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin 25 Juni 2018. 

    Wiranto mengatakan ada sejumlah indikator yang menunjukkan pelaksanaan mudik tahun ini mengalami perbaikan. Salah satunya, kemacetan arus mudik tahun ini dianggap lebih mudah diurai. 

    Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan jumlah kecelakaan pada arus mudik juga turun sebesar 30 persen. Korban meninggal dunia juga berkurang. "Turun sekitar 33 persen," imbuh Tito. 

    Selain dari segi pengamanan lalu lintas, Tito mengatakan menilai stabilitas harga pangan selama Ramadan dan Idulfitri juga baik. Selain itu, angka kriminalitas, termasuk aksi terorisme, maupun kejahatan lainnya diklaim mengalami penurunan. 

    Baca: Gubernur DKI Puas dengan Pengamanan Arus Mudik 2018

    Meski begitu, Wiranto mengatakan pemerintah akan terus berupaya memperbaiki pelaksanaan arus mudik maupun balik di tahun-tahun berikutnya. Ia menegaskan pemerintah menaruh perhatian besar dalam hajatan tahunan itu.

    "Saya juga ingin menyampaikan terima kasih atas nama Presiden (Joko Widodo) kepada segenap pemangku kepentingan, baik di pusat maupun daerah. Dari petugas, pimpinan, sampai petugas, di lapangan yang telah bekerja keras selama Ramadan, arus mudik dan balik," tegas dia. 






    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id