BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem untuk Beberapa Provinsi

    Antara - 22 September 2021 05:46 WIB
    BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem untuk Beberapa Provinsi
    Ilustrasi: Medcom.id



    Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah daerah. Hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diperkirakan bakal melanda sebagian provinsi di Indonesia.

    Berdasarkan laman BMKG, Rabu, 22 September 2021, peringatan ini diberikan kepada Banten, Bengkulu, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Sumatra Barat, Jawa Timur, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Riau, Papua, dan Papua Barat.

     



    Baca: Hujan dan Angin Kencang, 10 Pohon Tumbang Hingga Reklame Roboh di Depok

    Peringatan hujan disertai kilat dan angin kencang juga diberikan kepada DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Selatan. Sementara itu, potensi angin kencang kemungkinan terjadi di Nusa Tenggara Timur.

    BMKG menyebutkan sirkulasi siklonik terpantau di sekitar wilayah Thailand dan di perairan barat Filipina. Kondisi ini membentuk daerah konvergensi (pertemuan dan perlambatan kecepatan angin) yang memanjang di sekitar sirkulasi siklonik tersebut. 

    Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Laut Banda hingga Selat Makassar bagian tengah dan di Papua. Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id