Bantuan Ivermectin Disebar di Kudus

    Antara - 11 Juni 2021 09:06 WIB
    Bantuan Ivermectin Disebar di Kudus
    Ilustrasi: Medcom.id



    Jakarta: Ivermectin mulai disebarkan Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, ke rumah sakit dan puskesmas guna mengatasi penyebaran covid-19. Penggunaan obat itu dipelopori Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko.

    "Ketika kami sampaikan laporan tentang Ivermectin kepada Bapak Moeldoko, beliau segera memberikan arahan agar diurus izin edarnya supaya bisa diproduksi di dalam negeri dan tidak perlu impor lagi," kata Vice President PT Harsen Laboratories Sofia Koswara dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, 10 Juni 2021.

     



    Setelah mendapat arahan dari Kepala Staf Kepresidenan (KSP) itu, PT Harsen Laboratories langsung mengurus segala keperluan. Perusahaan itu lalu mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

    Baca: Kasus Covid-19 di DKI Bertambah 2.096 dalam Sehari

    Menurut dia, pada awalnya, Ivermectin tidak dikenal masyarakat luas. Kini, obat diedarkan dan diproduksi di negeri sendiri. Setelah mendapatkan izin edar dari BPOM, Moeldoko memelopori penyebarannya kepada masyarakat, dimulai di Kudus yang menjadi daerah zona merah covid-19.

    Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus hingga Rabu, 9 Juni 2021,  jumlah pasien terkonfirmasi positif dan dirawat di rumah sakit mencapai 437 orang. Sementara itu, 1.509 orang menjalani isolasi mandiri.

    Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan pihaknya telah mendistribusikan Ivermectin kepada masyarakat. Total bantuan yang diterima Pemerintah Kabupaten Kudus mencapai 2.500 dosis.

    "Kami distribusikan ke rumah sakit maupun puskesmas," kata Hartopo.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id