comscore

Transformasi Seragam Satpam di Indonesia: Putih-Biru, Cokelat hingga Krem yang Dinilai Mirip Polisi India

Patrick Pinaria - 03 Februari 2022 16:53 WIB
Transformasi Seragam Satpam di Indonesia: Putih-Biru, Cokelat hingga Krem yang Dinilai Mirip Polisi India
Warna seragam satpam akan kembali diganti dari cokelat menjadi krem. Foto: Medcom.id/Siti Yona
Jakarta: Seragam baru Satuan Pengamanan (Satpam) di Indonesia resmi diperkenalkan pada Rabu, 2 Februari 2022. Perubahan warna menjadi perbedaan mencolok pada seragam terbaru. Kali ini, seragam didesain dengan warna krem.

Pengenalan seragam baru satpam dilakukan bertepatan dengan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 Satpam di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta Selatan. Para satpam diminta menggunakan seragam baru pada acara tersebut.
"Iya betul, tanggal 2 Februari dikenalkan (seragam baru)" kata Ramadhan dilansir Antara, Rabu, 2 Februari 2022.

Ramadhan mengatakan perubahan seragam agar satpam memiliki identitas sendiri. Kemudian, memudahkan masyarakat membedakan antara petugas polisi dan satpam.  
 
"Satpam yang sekarang menjadi profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas perlu identitas berbeda dengan Polri selaku pembinanya dan seragam institusi lainnya," ujar Ramadhan saat dikonfirmasi terpisah.

Ini bukan pertama kali seragam satpam mengalami perubahan. Sepanjang sejarah, seragam satpam di Tanah Air sudah diganti sebanyak tiga kali.

Berikut ini transformasi seragam satpam di Indonesia yang dirangkum Medcom.id:

Sebelum 2020

Satpam resmi dibentuk pada 30 Desember 1980. Satuan ini dibuat untuk membantu Polri dalam bidang penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat, namun terbatas pada lingkungan kerjanya.

Adapun seragam yang dibuat untuk satpam saat pertama kali dibentuk adalah seragam berwarna putih-biru. Kemudian ada pula seragam berwarna biru-biru dan safari biru-biru. Setidaknya tiga seragam ini dipakai selama 40 tahun.

1. Putih-biru

Seragam putih-biru digunakan petugas satpam yang bertugas di dalam ruangan seperti bank, mal, sekolah/universitas, perkantoran. 

 

2. Biru-biru

Seragam ini dipakai dengan sepatu PDL dan dalam kaos biru. Lazimnya, seragam ini digunakan satpam yang bertugas di luar lapangan seperti PKD, keamanan parkir, dan pengaturan lalu lintas.

3. Safari biru-biru

Dipakai dengan sepatu PDH. Seragam ini digunakan petugas satpam yang bertugas pada instalasi/fasilitas khusus seperti tugas pengamanan di hotel, kafe, restoran, dan bar. Selain itu, juga digunakan untuk petugas keamanan pribadi.

Setelah 2020

4. Coklat

Selang 40 tahun, seragam satpam mengalami transformasi. Tepat pada 2020, Kapolri Idham Azis mengeluarkan peraturan untuk mengubah seragam satpam Indonesia menjadi cokelat yang mirip dengan khas anggota Polri.

Perubahan ini tertuang dalam peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 4 tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Bukan tanpa alasan perubahan seragam satpam dilakukan. Idham menilai pergantian warna seragam satpam menjadi cokelat meningkatkan kewibawaan anggota satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian.

Transformasi Seragam Satpam di Indonesia: Putih-Biru, Cokelat hingga Krem yang Dinilai Mirip Polisi India

Hanya saja yang membedakan dari seragam satpam dengan seragam polir adalah bordiran papan nama. Di seragam satpam terdapat bordiran papan nama satpam berlatar warna putih. Sedangkan bordiran seragam polri berwarna sama dengan baju. 

Kemudian, seragam satpam terdapat logo monogram di ujung kerah yang berupa lingkaran putih. Hal ini tidak dipasang di seragam Polri.

5. Krem-cokelat

Perubahan seragam satpam kembali dilakukan. Kali ini, Polri mengubah warna seragam satpam menjadi krem. 

Pengenalan seragam baru satpam dilakukan bertepatan dengan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 Satpam di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta Selatan pada Rabu, 2 Februari 2022. Para satpam diminta menggunakan seragam baru pada acara tersebut.

Perubahan warna seragam satpam ini dilakukan karena seragam yang saat ini digunakan mirip dengan seragam anggota Polri. Kemiripan ini menimbulkan kebingungan di masyarakat yang sulit membedakan antara polisi dan petugas satpam.

Transformasi Seragam Satpam di Indonesia: Putih-Biru, Cokelat hingga Krem yang Dinilai Mirip Polisi India

Namun, seragam satpam itu hanya berubah pada baju dari cokelat muda menjadi krem, sedangkan celana masih sama berwarna cokelat tua. Satpam dipastikan tetap memiliki kebanggan walau berseragam baru.

Bahkan, warna krem juga dinilai masih serumpun dengan seragam Polri. Krem juga dinilai serasi dengan perlengkapan lainnya seperti celana, field cap, pet, sepatu, kopel, dan tali kur.

"Warna krem adalah warna turunan dari warna cokelat dengan gradasi lebih terang. Sehingga, masih dalam kategori rumpun warna seragam Polri," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi, Kamis, 3 Februari 2022.

"Proses penentuan warna telah dilakukan pertemuan-pertemuan antara Abujapi dan Korbinmas Polri, sehingga terpilih warna krem yang seperti saat ini," ucapnya.

Pemilihan warna krem pada seragam satpam juga menarik perhatian para netizen. Mereka menilai warna seragam baru satpam mirip dengan atasan seragam polisi India.

(PAT)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id