Kemensos Susun Ulang Parameter Penerima Bansos

    Nur Azizah - 22 Januari 2021 11:55 WIB
    Kemensos Susun Ulang Parameter Penerima Bansos
    Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. MI/M Irfan
    Jakarta: Kementerian Sosial (Kemensos) tengah menyusun parameter yang tepat untuk memastikan penerima bantuan sesuai dengan kebutuhan. Parameter ini akan digunakan pemerintah kabupaten/kota untuk menentukan data kemiskinan sebelum dikirim ke Kemensos.

    Kemensos bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi dalam menyusun parameter tersebut. Skema parameter akan dibuat berbeda-beda.

    "Jadi kalau paramaternya sama, misalnya pakaian, bagaimana dengan warga kita yang berada di gunung? Kan beda kebutuhannya dengan warga yang di pesisir," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 22 Januari 2021.

    Risma berharap parameter ini selesai akhir Januari. Sehingga, awal Februari sudah bisa dilakukan pembaruan data. Data yang dimiliki Kemensos pun lebih sempurna.

    Baca: Lansia dan Difabel Bisa Diwakili Keluarga untuk Terima Bansos Tunai

    Risma tidak akan melakukan proses pembaruan data dengan prinsip-prinsip statistik. Kemensos akan menggunakan data dari daerah yang akan direkap oleh provinsi.

    "Nah, nantinya perguruan tinggi akan melakukan verifikasi, quality assurance terhadap data tersebut. Jadi saya tidak akan melakukan pendataan statistik,” katanya.

    Mensos meminta pemerintah kabupaten/kota untuk menggunakan parameter tersebut dalam pembaruan data kemiskinan di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Di sisi lan, Risma akan meminta kabupaten/kota untuk mengevaluasi data kemiskinan setiap pekan.

    "Memang mungkin berat. Tapi yakinlah hal itu dilakukan karena apa yang kita kerjakan untuk kebaikan masyarakat," kata dia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id