Ini Beda Tiga Jenis Vaksin Covid-19 Berdasarkan Bahan Dasar

    Sri Yanti Nainggolan - 16 Januari 2021 19:54 WIB
    Ini Beda Tiga Jenis Vaksin Covid-19 Berdasarkan Bahan Dasar
    Ilustrasi vaksin virus korona (covid-19). Medcom.id/Annisa



    Jakarta: Sejumlah perusahaan seperti Pfizer, Moderna, Oxford-AstraZeneca, hingga Sinovac berlomba-lomba mengembangkan vaksin covid-19. Namun, vaksi yang kini beredar memiliki jenis yang berbeda.

    Epidemiolog dari University of North Carolina, Amerika Serikat, Juhaeri Mukhtar menjelaskan vaksin Pfizer dan Moderna yang memiliki tingkat efikasi 95 persen memakain teknologi rekayasa genetik. Vaksin berbahan dasar sintesis genetik dari protein S yang disamarkan menjadi virus.




    "Jadi kita menipu tubuh seolah mendapat virus, padahal tidak. Nantinya, tubuh akan mengembangkan antibodi untuk melawan itu," terang Juhaeri dalam diskusi daring, Sabtu, 16 Januari 2021.

    Vaksin Oxford-AstraZeneca berdasar adenovirus yang berasal dari virus flu hewan simpanse yang dapat menghasilkan protein S atau protein spike. Protein S, kata dia, sangat penting karena virus korona menyerang sel tubuh manusia melalui protein spike.

    Baca:
    Pemerintah Didesak Kebut Vaksin Merah Putih

    Sementara itu, vaksin Sinovac menggunakan metode paling tradisional. Vaksin menggunakan bahan dasar virus yang dilemahkan. Vaksin baru harus dikembangkan mutasi atau varian baru virus ditemukan.

    "Teknologi Pfizer dan Moderna lebih fleksibel karena lebih sintesis. Saat varian baru muncul, tinggal ganti kode," tambah dia.

    Teknologi yang digunakan kedua virus tersebut sudah ada sejak 10 tahun lalu, namun digunakan untuk meneliti penyakit lain seperti kanker. "Sekarang kebetulan bisa dipakai di sini, inilah kelebihan teknologi," ucap dia.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id