Wamenag Imbau Publik Tidak Termakan Hoaks Soal Haji

    Syarief Oebaidillah - 04 Mei 2021 06:09 WIB
    Wamenag Imbau Publik Tidak Termakan Hoaks Soal Haji
    Ilustrasi jemaah haji. Foto: MI/Dwi Apriani



    Jakarta: Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi meminta masyarakat, terutama calon jemaah haji agar tak mudah termakan isu-isu bohong (hoaks). Publik diminta bersabar karena belum ada kepastian apa pun dari Arab Saudi. 

    "Saya tekankan mohon kepada para pihak untuk tidak mengembangkan isu-isu yang menyesatkan, yang membuat masyarakat tidak mendapatkan informasi yang benar," ujar Zainut di Jakarta, Senin, 3 Mei 2021. 

     



    Berdasarkan laporan yang ia terima, berbagai macam isu hoaks soal haji berkembang di masyarakat. Salah satunya menyebutkan adanya pembatalan haji di Indonesia disebabkan vaksin Sinovac yang belum teregistrasi di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

    Baca: Kemenkes Komitmen Dukung Syarat Calon Jemaah untuk Ibadah Haji dan Umrah

    Hoaks lainnya soal pembatalan haji karena tunggakan pembayaran akomodasi di Arab Saudi yang membuat pemerintah setempat tak membuka pintu bagi jemaah Indonesia. Selain itu, ada kabar bohong terkait kasus peradilan seseorang di Arab Saudi. 

    Menurut Zainut, ketiga isu tersebut selalu dikaitkan dengan pembatalan haji bagi calon jemaah asal Indonesia. Sejatinya, masalah belum pastinya penyelenggaraan haji karena pandemi covid-19 yang belum reda. 

    "Ini murni kalau tidak ada pemberangkatan itu murni situasi kondisi covid-19. Kami mengimbau masyarakat untuk tidak percaya yang membuat situasi tidak kondusif," kata dia. 

    Zainut meminta kepada calon jemaah menata hati untuk menerima keputusan apa pun, termasuk yang paling pahit, tidak ada pemberangkatan tahun ini. Saat ini, pemerintah Indonesia menunggu kepastian penyelenggaraan haji dari otoritas kerajaan Arab Saudi. 

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id