Kemenkes: Perpres 14 Tahun 2021 Tak Mengatur Swasta Impor Vaksin Covid-19

    Fachri Audhia Hafiez - 16 Februari 2021 07:12 WIB
    Kemenkes: Perpres 14 Tahun 2021 Tak Mengatur Swasta Impor Vaksin Covid-19
    Juru bicara vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam telekonferensi, Minggu, 3 Januari 2021. Foto: Dok Kemenkes


    Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 14 Tahun 2021 tidak mengatur swasta menyediakan vaksin covid-19. Aturan tersebut tidak terkait dengan pelaksanaan vaksinasi gotong royong atau mandiri.

    "Dalam Perpres saya tegaskan bahwa tidak ada terkait bahwa mengatur tentang badan usaha swasta (mengadakan vaksin)," kata juru bicara vaksinasi covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, dalam acara virtual Media Briefing Pelaksanaan Vaksinasi Tahap Dua bagi Petugas Pelayanan Publik, Senin, 15 Februari 2021.




    Nadia menjelaskan beleid tersebut hanya merevisi beberapa peraturan. Ia mencontohkan penunjukan badan usaha yang tidak lagi memerlukan cara pembuatan obat yang baik (CPOB).

    Nadia mengatakan Kemenkes masih menggodok kebijakan vaksinasi mandiri. Kemenkes masih mengkaji serta mendengar masukan dari berbagai ahli.

    "Memang kita belum menelurkan kebijakannya. Karena masih dalam proses internal serta juga berdiskusi dengan berbagai kementerian dan lembaga," ujar Nadia.

    Baca: Jawa dan Bali Jadi Prioritas Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Perpres Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. Beleid ini salah satunya memuat penunjukan langsung badan usaha penyedia vaksin.

    Pasal 6 ayat (1) Perpres tersebut menyebutkan penunjukan langsung badan usaha penyedia, serta ketentuan terkait jenis dan jumlah pengadaan vaksin dilakukan menteri kesehatan. Badan usaha yang dimaksud adalah seluruh badan usaha nasional atau asing sejauh mereka memenuhi persyaratan.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id