Lombok Selalu Ada di Hati Syekh Ali Jaber, Ini Alasannya

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 14 Januari 2021 15:29 WIB
    Lombok Selalu Ada di Hati Syekh Ali Jaber, Ini Alasannya
    Pendakwah Syekh Ali Jaber. ANT
    Jakarta: Sewaktu hidup, Syekh Ali Saleh Mohammed Ali Jaber pernah berpesan bahwa dia ingin dimakamkan di Indonesia saat wafat. Dalam video yang diunggah @suryadelalu, Syekh Ali Jaber minta dimakamkan di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

    “Saya bercita-cita, ya Allah walaupun saya memilih dan memohon meninggal di dunia, saya ditetapkan meninggal di Indonesia. Mohon saya mau dimakamkan di Lombok,” ucap Ali Jaber dalam video yang diunggah @suryadelalu.

    Dalam video itu pun, sosok yang sangat mencintai Indonesia ini menceritakan bahwa leluhurnya pernah berjuang di Lombok. Begitu pun dirinya yang memulai perjuangannya sebagai dai di sana.

    “Karena ada cerita, pertama saya berjuang di Indonesia, di Lombok. Anak saya lahir di Lombok. Salah satu kakek saya meninggal mati syahid karena melawan penjajah Jepang di Lombok. Bahkan, ayah dari ibu saya sendiri termasuk kelahiran Indonesia,” ucapnya,

    Ali Jaber memulai kariernya di Masjid Agung Al-Muttaqin, Cakranegara, Lombok, pada 2008. Di Lombok pula Syekh Ali Jaber bertemu dengan jodohnya, yakni Ummi Nadia. 
     
    Kemudian, Syekh Ali Jaber memutuskan pindah ke Jakarta. Di ibu kota, ia menjadi imam di Masjid Sunda Kelapa, Menteng. Namanya lantas semakin dikenal masyarakat Indonesia. Terutama, setelah ia pernah menjadi juri dan menjadi da'i dalam berbagai kajian di televisi nasional.
     
    Hingga akhirnya, Syekh Ali Jaber diterima masyarakat Indonesia karena dakwahnya menyejukkan. Bahkan, ia mendapat kesempatan menjadi warga negara Indonesia pada 2012.

    Syekh Ali Jaber mengembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Yarsi pada pukul 08.38 WIB, Kamis, 14 Januari 2021. Belum diketahui penyebab wafatnya pendakwah tersebut. Namun, sebelumnya Syekh Ali Jaber sempat menjalani perawatan akibat terpapar covid-19 pada Selasa, 29 Desember 2020.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id