Kopilot Wings Air Gantung Diri Diduga karena Dipecat

    Candra Yuri Nuralam - 21 November 2019 00:38 WIB
    Kopilot Wings Air Gantung Diri Diduga karena Dipecat
    Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
    Jakarta: Kopilot (first officer) maskapai penerbangan Wings Air, Nicholaus Anjar Aji Suryo Putro ditemukan gantung diri di kamar kosnya di bilangan Kalideres, Jakarta Barat. Nicholaus diduga depresi lantaran dipecat.

    Kapolsek Kalideres AKP Indra Maulana mengatakan jasad Nicholaus ditemukan tergantung pada hari Senin, 18 November 2019 sekitar pukul 19.00 WIB. Saat itu, Adik Nicholaus, Angga menelpon kakaknya namun tidak mendapat jawaban.

    "Karena curiga Angga mendatangi kamar kost di lantai dua, namun ketika diketok-ketok, juga tidak dibuka," kata Indra berdasarkan keterangan tertulisnya, Rabu, 20 November 2019.

    Angga yang khawatir akan kondisi kakaknya lantas langsung mendobrak jendela kos. Saat berhasil masuk, Angga panik melihat kondisi kakaknya sudah tewas gantung diri dengan menggunakan tali tambang yang diikatkan ke kusen.

    "Angga panik dan langsung meminta bantuan penghuni kost lain untuk menurunkan korban yang diduga sudah meninggal dan dibawa ke Rumah Sakit Mitra Keluarga, hingga pihak rumah sakit menghubungi Polsek Kalideres," ujar Indra.

    Polisi dengan sigap mendatangi rumah sakit untuk melakukan autopsi. Berdasarkan hasil autopsi tidak ditemukan dugaan penganiayaan. Jasad Nicholaus kemudian diserahkan kepada keluarga.

    "Setelah dilakukan pengecekan terhadap jenazah oleh piket reskrim dan identifikasi, ditemukan luka bekas jeratan tali tambang di leher akibat gantung diri," tutur Indra.

    Berita kematian Nicholaus viral di media sosial. Nicholaus diduga meninggal usai dipecat oleh Wings Air. Selain itu, Nicholaus juga diwajibkan membayar denda sebanyak Rp7 miliar.

    Corporate Communications Strategic Wings Air Danang Mandala Prihartono mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Nicholaus. Meski demikian dia menegaskan Wings Air tetap tegas dalam prinsipnya menindak pegawai.

    "Penerapan aturan kerja, kedisiplinan, dan pelaksanaan standar operasional prosedur berlaku kepada semua awak pesawat dalam hal ini awak kokpit. Hal ini sudah sesuai ketentuan dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan," ujar Danang.

    Danang mengatakan setiap karyawan Wings Air sudah mendapatkan program pembinaan sebelumnya. Siapapun akan ditindak tegas tanpa kecuali jika terbukti melanggar.

    "Apabila dalam fase pembinaan, karyawan atau kokpit tidak memenuhi kualifikasi atau hasil yang diharapkan maka perusahaan akan memberikan penindakan sesuai aturan," tutur Danang.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id