Modifikasi Cuaca Akan Diterapkan untuk Antisipasi Karhutla

    Intan Yunelia - 24 Januari 2020 11:52 WIB
    Modifikasi Cuaca Akan Diterapkan untuk Antisipasi Karhutla
    Kepala BPPT Hammam Riza. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia
    Jakarta: Teknologi modifikasi cuaca (TMC) tak hanya bisa digunakan untuk memindahkan curah hujan demi mengantisipasi banjir. TMC dapat diterapkan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) seperti yang terjadi di Riau.

    "Ini upaya kita dorong untuk penguatan ekosistem dan harapan saya sebelum terjadinya hotspot (titik panas) di Riau nanti di Maret dan TMC sudah dilaksanakan," kata Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza dalam diskusi di di Kantor BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 24 Januari 2020.

    Menurut dia, TMC bisa diterapkan ketika ada titik api terdeteksi di kawasan hutan dan lahan. Awan hujan akan diturunkan di titik-titik panas itu untuk menghindari kebakaran meluas.

    "Sehingga kita akan membasahi lahan-lahan gambut dan hutan di sana dan mereka (tanah) cukup basah dan tidak berpotensi untuk munculnya titik api," ujar Hammam.

    Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kata dia, sudah menyatakan bencana semakin lama semakin menjadi rutinitas tahunan. Hal ini terlihat dari banyaknya fenomena alam yang terus-terusan terjadi tak hanya di Indonesia, tetapi juga di luar negeri.

    "Ini harus membangun seluruh unsur dan komponen terkait penanggulangan bencana sebagai negara yang tangguh bencana," jelas dia.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id