Kemenhub Galang Dana untuk Koban Kerusuhan Wamena

    Medcom - 13 Oktober 2019 13:30 WIB
    Kemenhub Galang Dana untuk Koban Kerusuhan Wamena
    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) dalam acara galang dana untuk korban kerusuhan Wamena di Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga
    Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggalang dana untuk membantu korban kerusuhan dan pemulihan di Wamena, Papua. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bantuan tersebut hasil urunan direktorat-direktorat dan perusahaan transportasi yang berada di bawah koordinasi Kemenhub.

    "Kami kumpulkan dana untuk Wamena terkumpul Rp1,5 miliar," kata Budi di kawasan car free day (CFD), Jalan MH Thamrin, Jakarta, melansir Antara, Minggu, 13 Oktober 2019.

    Ia memastikan Kemenhub siap memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai maupun logistik. Bantuan berupa jasa transportasi untuk mendukung upaya pemulihan pasca kerusuhan Wamena juga disiapkan.

    "Kami akan bicara dengan Pak Gubernur, Pak Bupati, apa yang dibutuhkan kalau mereka butuh sesuatu, karena kami juga punya kemampuan untuk mengangkut," ujarnya.

    Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani mengatakan pihaknya segera mengadakan pertemuan dengan Kemenhub. "Ini sebuah kerja sama yang ingin dibangun untuk ke depan kita bersinergi untuk Indonesia," kata Lakotani. 

    Kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya pecah pada 23 September 2019. Kerusuhan hingga menyebabkan puluhan orang meninggal dan luka-luka, serta mengakibatkan ribuan orang mengungsi ke Sentani, Kabupaten Jayapura dan Timika, Kabupaten Mimika.
     
    Di antara ribuan pengungsi itu, ada yang kembali ke Wamena dan ada yang memilih untuk kembali ke kampung halaman masing-masing sementara waktu. Ada yang pulang ke Jawa, Sulawesi, Maluku Utara, hingga ke sejumlah daerah lainnya di Indonesia. (Syahrum Latupono).



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id