Jalur Layang Ganda Jadi Fokus Renovasi Stasiun Manggarai

    Kautsar Widya Prabowo - 08 Oktober 2019 18:58 WIB
    Jalur Layang Ganda Jadi Fokus Renovasi Stasiun Manggarai
    Ilustrasi pembangunan jalur layang ganda Stasiun Manggarai. MI/Barry Fathahilah.
    Jakarta: Stasiun Manggarai akan menjadi stasiun pusat yang menampung kereta listrik, kereta bandara, dan kereta jarak jauh. Sejumlah fasilitas penunjang seperti jalur layang ganda dibangun mewujudkan rencana itu.

    Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Supandi mengatakan jalur ganda menjadi salah satu fokus yang dikerjakan saat ini. Nantinya jalur layang ganda memiliki tiga tingkat dengan fungsi yang beragam. 

    "Lantai dasar jalur untuk kereta listrik Bekasi dan kereta bandara, lantai dua untuk pelayanan penumpang, lantai tiga untuk kereta jarak jauh dan kereta listrik Bogor," ujar Supandi kepada Medcom.id, Jakarta, Selasa, 8 Oktober 2019.

    Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Eva Chairunisa memastikan pembangunan jalur layang ganda tidak menganggu aktivitas penumpang. Lantaran terdapat puluhan petugas yang disiagakan mengatur pergerakan penumpang. 

    "Contohnya waktu jalur enam dan tujuh dihilangkan sementara untuk pembangunan, alur penumpang diatur melalui area-area khusus penumpang," jelasnya. 

    Bedasarkan pengamatan Medcom.id lantai dasar dari pembangunan jalur layang ganda sudah digunakan kereta api bandara. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah meresmikan pengoperasian itu.

    Sebelumnya, Budi Karya menyebut Stasiun Manggarai akan menggantikan posisi Stasiun Gambir. Nantinya, pemberhentian terakhir untuk kereta api jarak jauh seperti rute Jakarta-Bandung, Jakarta-Yogyakarta, hingga Jakarta-Surabaya berada di Stasiun Manggarai.




    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id