Pemerintah Kerahkan TNI Merehabilitasi Bangunan di Wamena

    Damar Iradat - 08 Oktober 2019 13:23 WIB
    Pemerintah Kerahkan TNI Merehabilitasi Bangunan di Wamena
    Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah
    Jakarta: Pemerintah mengerahkan ribuan aparat TNI ke Wamena, Papua. Mereka diperbantukan merehabilitasi bangunan rusak pascarusuh. 

    "Banyak (pekerja) kabur karena takut. Saya saja kalau mau ke sana kontak dulu aman atau enggak. Selain itu kita butuh orang banyak dan supaya lebih cepat. Kalau saya bawa tukang dari luar kan susah juga," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 8 Oktober 2019. 

    Basuki menjelaskan Presiden Joko Widodo menugaskan kementerian PUPR beserta pihak terkait merehabilitasi bangunan rusak di Wamena. Presiden ingin rehabilitasi pascarusuh segera rampung.

    Kerusuhan di Wamena mengakibatkan 10 kantor pemerintah rusak berat, yakni Kantor Badan Pengelola Keuangan Daerah, Kantor Inspektorat Daerah, Kantor Diskominfo, Kantor Satpol PP, Kanto Badan Lingkungan Hidup, Kantor PLN, dan Kantor Dishub. Sementara, 34 bangunan pemerintah rusak ringan, terdiri dari delapan kantor dan 26 sarana pendidikan.

    Kemudian, 450 ruko dan 165 rumah warga rusak. Basuki memastikan semua bangunan rusak akan direhabilitasi pemerintah.

    Pelaksanaan rehabilitasi menggunakan material lokal dari Wamena, pengusaha lokal, dan pelaksanaan dibantu TNI. Basuki menjamin, rehabilitasi bangunan rusak tak diprioritaskan pada bangunan milik pemerintah.

    Kerusuhan pecah di Wamena pada 23 September 2019. Sebanyak 32 orang tewas, 72 orang terluka, dan ratusan rumah serta kantor pemerintah dibakar dan dirusak massa. Lebih dari 10 ribu orang mengungsi dan eksodus ke sejumlah wilayah.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id