Vaksin Covid-19 Asal Tiongkok Belum Tentu Cocok Untuk Indonesia

    Cindy - 02 Agustus 2020 15:15 WIB
    Vaksin Covid-19 Asal Tiongkok Belum Tentu Cocok Untuk Indonesia
    Ilustrasi tes klinis vaksin. Medcom.id/M Rizal
    Jakarta: Lembaga Eijkman menyebut vaksin covid-19 dari Tiongkok yang tengah diuji klinis belum tentu cocok untuk Indonesia. Sebab, virus yang merebak di Tanah Air dan daya tahan tubuh orang Indonesia berbeda dengan negara lainnya.

    "Ini dicoba di beberapa negara. Apakah di Indonesia, (vaksin covid-19 buatan Tiongkok) cocok dengan orang-orangnya?" kata Wakil Kepala Lembaga Eijkman, Herawati Sudoyo, dalam diskusi Crosscheck Medcom.id berjudul "Covid-19, Protokol Mulai Bobol?", Minggu, 2 Agustus 2020.

    Hera menuturkan setiap orang memiliki respons berbeda terhadap vaksin covid-19. Belum tentu vaksin dapat meningkatkan antibodi dalam tubuh warga Indonesia untuk memerangi virus tersebut.

    Baca: Daya Mutasi Virus Covid-19 di Indonesia Tak Tinggi

    Dia mengingatkan, Indonesia dan dunia masih jauh dari kategori aman penularan covid-19. Sebab, vaksin yang kini dikembangkan masih perlu melewati proses panjang.

    "Vaksin ini menyebabkan orang merasa punya harapan besar. Lalu terjadi pengenduran. Harapan boleh, tapi kita belum terlindungi," ucapnya.

    Hera mengajak masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan. Dia juga meminta pemerintah dan tokoh-tokoh publik untuk masif mengampanyekan protokol kesehatan sebagai kebiasaan dan budaya baru.

    "Berpikirlah tentang orang lain, kita tidak tahu kita sehat tapi kita positif dan jalan-jalan tanpa proteksi yang baik. Malah meningkatkan penularan," ujar Hera.

    Hingga Sabtu, 1 Juli 2020, total kasus konfirmasi positif covid-19 di Indonesia mencapai 109.936 kasus. Sebanyak 67.919 orang dinyatakan sembuh dan 5.193 korban meninggal.   

     

    (SUR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id