4 Perusahaan Diganjar Penghargaan Pengurangan Sampah

    Theofilus Ifan Sucipto - 09 Juni 2020 11:32 WIB
    4 Perusahaan Diganjar Penghargaan Pengurangan Sampah
    Menteri LHK Siti Nurbaya didampingi Sekjen KLHK Bambang Hendroyono (kanan) dan Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 KLHK, Rosa Vivien Ratnawati. Foto: KLHK
    Jakarta: Sebanyak empat perusahaan mendapat penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan diberikan karena keempat perusahaan itu berhasil mengurangi sampah produsen dalam kegiatan bisnisnya.

    "Penghargaan ini merupakan langkah proaktif dan upaya konkret produsen mengurangi sampah dari kegiatan atau usaha mereka. Ini sekaligus langkah nyata pelaksanaan peta jalan pengurangan sampah oleh produsen," kata Menteri LHK Siti Nurbaya dalam acara pemberian penghargaan kinerja dan insiatif pengurangan sampah oleh produsen yang digelar secara daring, Selasa, 9 Juni 2020. 

    Peta jalan pengurangan sampah sudah diatur di dalam Peraturan Menteri LHK No P.75 Tahun 2019. Aturan itu mewajibkan produsen untuk turut mengatasi persoalan sampah bersama pemerintah dan masyarakat.

    "Inti dari peraturan itu adalah target, tahapan, dan langkah 10 tahunan yang konkret dan terukur yang harus dilakukan oleh produsen dalam mengurangi sampah. Terutama yang dihasilkan melalui kegiatan pembatasan timbulan sampah (reduce), pendauran ulang sampah (recycle), dan pemanfaatan kembali sampah (reuse)," kata Siti.

    Siti mengatakan tantangan pengelolaan sampah sangat berat. Namun, menurutnya, Indonesia harus tetap optimistis dalam menghadapi dan melewati persoalan tersebut. 

    "Dukungan masyarakat begitu kuat dan meluas. Hal ini menjadi modal dasar yang baik dalam pembangunan nasional dan pengelolaan sampah ke depan," kata Siti.

    Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (B3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati, mengatakan produsen juga bisa berkontribusi mengurangi sampah. Ini terbukti dengan adanya komitmen kuat. 

    "Jadi, anggapan selama ini pengurangan sampah hanya bisa dilakukan konsumen, ternyata juga bisa dilakukan oleh produsen," katanya.

    Rosa Vivien menyatakan penghargaan yang diberikan kepada produsen ini merupakan hasil dari kegiatan monitoring, evaluasi, dan verifikasi yang dilaksanakan oleh Tim Direktorat Pengelolaan Sampah Ditjen PSLB3 pada 2019 atas pelaksanaan program kegiatan pengurangan sampah yang dilakukan oleh produsen.

    Terdapat tiga jenis produsen yang dimonitor, dievaluasi, dan diverifikasi kinerja pengurangan sampahnya. Pertama sektor manufaktur, kedua ritel, dan ketiga jasa makanan dan minuman.

    Adapun penghargaan ini terdiri atas dua kategori, yaitu pertama penghargaan bagi produsen peraih penghargaan kinerja pengurangan sampah. Dan kedua, penghargaan bagi produsen yang mempunyai inisiatif dalam pengurangan sampah.

    PT Tirta Investama selaku pemegang merek dagang Aqua meraih penghargaan kinerja pengurangan sampah produsen dari sektor manufaktur. Mereka dinilai berhasil meningkatkan penarikan botol Polyethylene Terephthalate (PET) untuk daur ulang dari 7.020 ton pada 2017 menjadi 12 ton pada 2019.

    "Juga meningkatkan kandungan bahan daur ulang botol PET dari 15 persen pada 2017 menjadi 100 persen pada 2019," kata Rosa.

    Baca: Menteri LHK: Langkah Dinas Lingkungan Hidup se-Indonesia Wajib Seirama

    Penghargaan kedua diberikan kepada CV Sari Rasa Nusantara sebagai pemegang merek dagang Sate Khas Senayan. Mereka berhasil mengurangi 32,83 ton sampah pada 2019.

    Selanjutnya PT Rekso Nasional Food sebagai pemegang merek dagang McDonald’s Indonesia. Mereka dianggap mengurangi 470 ton sampah plastik pada 2019.

    "Penghargaan terakhir diberikan kepada PT Fast Food Indonesia sebagai pemegang merek dagang KFC yang mengurangi 48 ton sampah plastik pada 2019," ucap Rosa.

    (JMS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id