Urgensi Rapid Test Selama Kenormalan Baru

    Anggi Tondi Martaon - 11 Juli 2020 17:59 WIB
    Urgensi <i>Rapid Test</i> Selama Kenormalan Baru
    Petugas medis menggelar rapid test covid-19 dengan sampel darah yang telah diambil secara door to door dari sejumlah kecamatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis, 26 Maret 2020. Foto: Antara/Paramayuda
    Jakarta: Rapid test penting dilakukan secara rutin selama kenormalan baru. Jika perlu, tes cepat ini bisa menjadi kebiasaan selama menjalani kenormalan baru.

    "Sekarang kita dituntut untuk melakukan adaptasi yang baru salah satunya menjadikan screening sebagai gaya hidup," kata relawan medis Rumah Sakit (RS) Darurat Wisma Atlet, dokter Falla Adinda, di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Sabtu, 11 Juli 2020.

    Menurut dia, kondisi sekarang menuntut setiap orang bertanggungjawab terhadap kesehatannya. Pasalnya, bila seseorang menderita covid-19, virus korona bisa mengancam kesehatan orang di sekitar.

    "Jadi ketika keluar rumah pastikan diri kita sebagai manusia sehat," ungkap dia.

    Falla mengakui diagnosis rapid test mengidentifikasi virus korona tidak seakurat polymerase chain reaction (PCR) test. Namun, setidaknya rapid test bisa menggambarkan kondisi kesehatan seseorang.

    Dia mengingatkan rapid test harus dilakukan secara rutin, minimal setiap lima hingga tujuh hari. Yang dilihat dalam rapid test yakni antibodi.

    Baca: Pasien Covid-19 Bertambah 1.671 Kasus

    "Bila nonreaktif ulangi lagi 5-7 hari kemudian. Bila reaktif melakukan swab dan karantina diri," sebut dia.

    Rapid test disarankan dilakukan oleh petugas dan tempat kredibel. Dengan begitu, jika hasil tes reaktif, tindak lanjut lebih mudah dilakukan.

    "Tempat yang benar itu rumah sakit yang resmi, klinik yang resmi sehingga tata laksana yang dilakukan benar tepat guna dan benar tepat sasaran," ujar Falla.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id