Cara Mudah Menekan Laju DBD di Tengah Pandemi

    Nur Azizah - 23 Juni 2020 13:41 WIB
    Cara Mudah Menekan Laju DBD di Tengah Pandemi
    Ilustrasi DBD. Medcom.id
    Jakarta: Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan masyarakat bisa menekan laju kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di tengah pandemi covid-19 (korona). Salah satunya dengan 3M Plus, yakni menguras, menutup kolam dan wadah penampungan air, dan mendaur ulang limbah bekas.

    "Pemberantasan sarang nyamuk ini masih sangat relevan. Sementara plusnya itu banyak sekali mulai dari menggunakan lotion kemudian menutup rumah dengan kasa nyamuk," kata Nadia, di Jakarta, Selasa, 23 Juni 2020.

    Nadia mengatakan masih banyak masyarakat tidak melengkapi rumah dengan kasa nyamuk. Padahal, kasa nyamuk bisa mencegah nyamuk masuk.

    "Kasa nyamuk itu mudah, tidak harus yang mahal cukup seperti jaring-jaring," tutur dia.

    (Baca: DBD Menyerang Masyarakat di Zona Merah Covid-19)

    Satu hal yang juga penting ialah tidak menggantung pakaian bekas pakai. Hal ini bisa mengundang kerumunan nyamuk di dalam rumah.

    "Menggantung baju seperti itu sangat disenangi nyamuk, setelah menggigit gelantungan karena itu memang sifatnya," ujarnya.

    Indonesia tengah 'berperang' melawan virus DBD di tengah pandemi covid-19. Jumlah kasus DBD mencapai 68.000 dengan kasus kematian 346 jiwa hingga Senin, 22 Juni 2020.

    Kasus paling banyak ditemukan di Provinsi Jawa Barat, Lampung, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Jawa Timur. Kemudian, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Yogyakarta.

    Provinsi-provinsi itu juga tercatat sebagai provinsi dengan kasus Ccvid-19 terbanyak. Provinsi tersebut ditetapkan sebagai zona merah covid-19.

    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id