Tiga WNI Belum Dapat Kepastian Pulang

    Fachri Audhia Hafiez - 04 Februari 2020 16:34 WIB
    Tiga WNI Belum Dapat Kepastian Pulang
    Operator mengoperasikan alat pemindai suhu tubuh di ruang kedatangan Bandara Internasional Bandara El Tari Kupang, NTT. Foto: MI/Palce Amalo
    Jakarta: Tiga Warga Negara Indonesia (WNI) yang tak lolos pemeriksaan untuk dievakuasi dari Hubei, Tiongkok, masih tertahan di 'Negeri Tirai Bambu'. Waktu kepulangan ketiga orang itu tak diketahui pasti.

    "Belum (diketahui jadwal kepulangan)," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Wiendra Waworuntu di Gedung Graha Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 4 Februari 2020.

    Menurut dia, ketiga WNI itu harus dipastikan sehat terlebih dahulu oleh otoritas setempat untuk bisa kembali ke Tanah Air. Informasi yang diterima Kemenkes, ketiganya sudah membaik.

    "Sepertinya sudah sehat, mereka perlu istirahat," ucap Wiendra.

    Wiendra memastikan kondisi ketiga WNI tersebut tidak dalam gejala terjangkit virus korona. Ketiganya hanya terlalu kelelahan untuk kembali ke Indonesia.

    "Dia (WNI) capek kan karena yang mau keluar (dari Tiongkok) itu harus ke Wuhan. Penjemputannya di Wuhan," pungkas Wiendra.

    Tiga WNI Belum Dapat Kepastian Pulang
    Pemeriksaan temperatur diterapkan di bandara sejumlah negara dalam mencegah penyebaran virus korona nCoV. Foto: AFP/Getty

    Awalnya, 245 WNI direncanakan dievakuasi secara bersamaan. Namun, hanya 238 yang berhasil kembali ke Indonesia, Minggu, 2 Februari 2020.

    Empat WNI di antaranya menolak pulang. Tiga WNI tidak lolos screening sehingga wajib melaporkan kondisi kesehatannya ke otoritas setempat.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id