Manfaat Seni Menghadapi Pandemi Korona

    Anggi Tondi Martaon - 17 Mei 2020 14:07 WIB
    Manfaat Seni Menghadapi Pandemi Korona
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Banyak cara yang bisa dilakukan melepas stres selama pandemi virus korona. Salah satunya, melakukan aktivitas seni.

    "Ya Saya kira memang kalau di rumah terus itu rasanya membosankan ya tetapi saya merasa bahwa melalui seni itu bisa membantu kita," kata Praktisi Terapi Bermain dan Seni Ina M Surya Dewi di Graha BNPB di Jakarta, Minggu, 17 Mei 2020.

    Menurut dia, tekanan pikiran dan hati selama menghadapi virus korona bisa disalurkan melalui kegiatan seni. Masyarakat bisa memilih berbagai metode untuk menyalurkan suasana hati dan pikiran, di antaranya gambar, gerakan atau menari.

    "Dalam pengalaman saya movement itu juga sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan untuk berekspresi diri mengeluarkan perasaan-perasaan pikiran-pikiran yang kita hadapi. Tetapi tadi perlu keberanian untuk berekspresi saja secara bebas dan itu mudah sebetulnya dilakukan," kata dia.

    Masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan kualitas produk seni yang dilakukan. Yang terpenting adalah proses kegiatan seni sedikit banyak membantu melepas stres selama menghadapi pandemi korona.

    Baca: Pendatang Masuk Bali Wajib Jalani Tes Swab

    Manfaat seni mengurangi stres selama pandemi dirasakan langsung mantan pasien virus korona, Maria Darmaningsih. Pasien 02 covid-19 ini menghabiskan waktu dengan menggambar saat dirawat di RSPI Sulianti Saroso.

    "Setidaknya bisa melupakan penyakit yang diderita. Walau pun cuma sebentar tapi menghibur banget," kata Maria.

    Dia menyebut menggambar membantu tubuh mengeluarkan aura positif. Ini tentunya sangat bagus memperbaiki suasana hati dan membuat lebih bahagia.

    "Karena ketika kita bahagia imun kita pasti naik dan itu yang sangat penting itu," ujar dia.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id