BMKG: Sejumlah Wilayah Diprediksi Bercuaca Buruk Hari Ini

    Antara - 31 Mei 2021 07:53 WIB
    BMKG: Sejumlah Wilayah Diprediksi Bercuaca Buruk Hari Ini
    Ilustrasi hujan deras. Medcom.id/Annisa



    Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan deras disertai kilat dan angin kencang di sejumlah provinsi pada Senin, 31 Mei 2021. Di antaranya, Aceh, Banten, Jakarta, Gorontalo, dan Jawa Barat.

    "Selanjutnya di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Lampung, Papua, Papua Barat, Riau. Lalu di Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sumatera Selatan," tulis peringatan BMKG yang dilansir Antara, Senin, 31 Mei 2021.

     



    Khusus di wilayah DKI Jakarta, potensi hujan disertai kilat dan angin kencang berdurasi singkat terjadi di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan. Cuaca buruk diramalkan terjadi pada siang dan sore hari.

    Baca: Hujan Disertai Petir Diramal Mengguyur Jakarta Pusat Hingga Jakarta Timur

    Sementara di Jawa Barat, potensi cuaca buruk terjadi pada siang hingga malam hari. Wilayah terdampak ialah Kabupaten dan Kota Bogor, Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Karawang, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Bandung Raya, Indramayu, dan Sumedang.

    Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan lembaganya menghadapi tantangan dalam menyebarkan informasi peringatan dini. Contohnya saat BMKG mengeluarkan peringatan dini dampak Siklon Tropis Seroja.

    Hasil analisa tim, peringatan dini yang dikeluarkan BMKG kerap tidak diperhatikan masyarakat. "Jadi peringatan dini dianggap tidak menarik," kata Dwikorita.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id