BPPT Tambah Lima Pesawat untuk Modifikasi Cuaca

    Fachri Audhia Hafiez - 24 September 2019 19:36 WIB
    BPPT Tambah Lima Pesawat untuk Modifikasi Cuaca
    Ilustrasi kebakaran hutan di Jambi. MI/Solmi.
    Jakarta: Pemerintah terus berupaya memadamkan api kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan dan Sumatra. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menambah jumlah pesawat dalam penerapan teknologi modifikasi cuaca atau hujan buatan.

    "Direncanakan ada lima pesawat yang ditambahkan untuk Sumatra dan Kalimantan guna melaksanakan operasi TMC," kata Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) BPPT Tri Handoko Seto di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta Pusat, Selasa, 24 September 2019.

    Seto memerinci dua pesawat jenis CASA C-212 bertugas di Kalimantan Barat dan Sumatra Selatan. Satu pesawat tipe CN 295 di Kalimantan Tengah dan satu pesawat Hercules C-130 di Riau.

    "Besok kita akan tambah lagi satu pesawat CASA C-212. Masih kita akan lihat daerah mana yang paling membutuhkan itu, nanti kita lihat perkembangannya," ujar Seto.

    Seto menjelaskan pesawat akan bertugas menaburi awan dengan garam. Proses ini dikenal dengan penyemaian awan. Teknologi ini dinilai mampu membuat awan matang dan menurunkan hujan.

    "Harapan kami perkirakan kami sampai akhir bulan akan terjadi pengurangan kepekatan asap yang cukup siginifikan di Sumatra dan Kalimantan seperti itu," jelas Seto.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id