comscore

Varian Baru Covid-19 Sudah Masuk Indonesia, Menkes Ingatkan Ini

Sri Yanti Nainggolan - 11 Juni 2022 17:42 WIB
Varian Baru Covid-19 Sudah Masuk Indonesia, Menkes Ingatkan Ini
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan pers terkait situasi pandemi COVID-19 di Indonesia usai menghadiri Kick Off Integrasi Layanan Kesehatan Primer di Gedung Sujudi Kemenkes RI, Jakarta, Jumat (10/6/2022). (ANTARA/Andi Fir
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sedang mewaspadai kenaikan angka kasus covid-19 di Indonesia berdasarkan hasil temuan empat kasus subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Provinsi Bali.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa saat ini sudah keluar Variants under Monitoring (VuM) yaitu Omicron BA.4 dan BA.5. Ini yang memicu kenaikan kasus di Eropa, Amerika dan Asia. 
"Itu sudah ditemukan di Indonesia kemarin di Bali, ada empat orang kena," kata Budi dilansir dari Antara, Jumat, 10 Juni 2022. 

Budi mengatakan empat kasus BA.4 dan BA.5 terdeteksi di Bali pada Mei 2022. Sedangkan hasil penelitian Genom Sekuensing terkait hal itu telah diterima Kemenkes pada Kamis, 9 Juni 2022. 

Baca: Omicron BA.4 dan BA.5 Penyebarannya Cepat, Tapi Tingkat Keparahannya Rendah
 
Budi mengungkapkan kenaikan kasus  covid-19 di sejumlah negara, termasuk Indonesia dalam tiga pekan terakhir disebabkan oleh varian baru. "Bukan disebabkan liburan atau hari besar, tapi varian baru," katanya.

Budi mengatakan varian BA.4 dan BA.5 memiliki karakteristik mampu menghindar dari imunitas tubuh manusia yang dibentuk oleh vaksin serta menyebar secara cepat. 

Data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) Amerika Serikat (AS) melaporkan subvarian Omicron BA.2.12.1 (Stealth Omicron) adalah bentuk dominan covid-19 yang saat ini yang beredar di AS. Data CDC menunjukkan bahwa subvarian BA.4 dan BA.5 sekarang mewakili hingga 7 persen dari kasus covid-19 baru.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id