comscore

Korlantas Polri Siapkan Sejumlah Skema Pengamanan Lalin Selama Nataru

Nur Azizah - 22 Desember 2021 02:00 WIB
Korlantas Polri Siapkan Sejumlah Skema Pengamanan Lalin Selama Nataru
Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan. Dok. Istimewa
Jakarta: Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar Operasi Lilin pada 23 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. Sejumlah skema lalu lintas disiapkan dalam operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan pemerintah tidak menerapkan pembatasan kendaraan selama Nataru. Namun, sejumlah cara dilakukan demi menekan penyebaran covid-19.
"Apabila masyarakat terpaksa harus pulang kampung, kita akan kawal dan akan menyiapkan skema lalu lintas untuk memperlancar kegiatan tersebut," ujar Aan dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin, 21 Desember 2021.

Selanjutnya, contra flow dan skema one way juga bakal dilakukan jika terjadi kemacetan panjang. Aan menyebut pihaknya bakal mengerahkan ETLE mobile untuk mengawasi perilaku para pengendara.

Baca: Ini Syarat Terbaru Perjalanan Orang Selama Natal dan Tahun Baru

"Saya menghimbau kepada para calon pemudik yang menggunakan kendaraan agar tetap memperhatikan peraturan rambu lalu lintas yang berlaku sehingga masyarakat bisa lancar, aman, dan nyaman sampai ke tempat tujuan hingga kembali ke Jakarta," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Aan melepas Tim Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil). Tim tersebut akan disebar ke seluruh wilayah Indonesia dalam rangka pelaksanaan Operasi Lilin 2021.

"Kita berangkatkan Pamatwil dari Korlantas hari ini untuk memberikan asistensi, kemudian untuk supervisi, dan menjadi wasit pada saat pelaksanaan kegiatan," kata Aan.

Korlantas Polri mengerahkan sekitar 40 unit kendaraan dalam Operasi Lilin. Puluhan kendaraan tersebut terbagi jalur barat ke Jakarta, Merak sampai Sumatra. Kemudian jalur Cikampek sampai Semarang, Solo, lalu jalur Cipularang, dan jalur selatan sampai Yogyakarta.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id