Wisatawan Asing di Monas Berkurang Sejak Korona

    Kautsar Widya Prabowo - 15 Maret 2020 00:57 WIB
    Wisatawan Asing di Monas Berkurang Sejak Korona
    Kepala Unit Pelaksana Kawasan (UPK) Monas, M Isa Sanuri. Medcom/Kautsar Widya Prabowo
    Jakarta: Jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Monumen Nasional (Monas) menurun. Kondisi tersebut imbas merebaknya kasus virus korona (covid-19) di Indonesia, terutama di Jakarta.

    "Biasanya (sehari) ada 90 orang sekarang 40 orang," ujar Kepala Unit Pelaksana Kawasan (UPK) Monas, M Isa Sanuri, di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu, 14 Maret 2020. 

    Sedangkan, kata Isa, wisatawan domestik tidak mengalami penurunan yang signifikan ketika kabar korona masuk Indonesia mulai. Sekitar 2 ribu pengunjung lokal masuk tugu Monas di hari biasa. Sedangkan di hari libur bisa mencapai 6 ribu pengunjung.

    "Saat ada isu korona ya normal saja," jelasnya.

    Baca: Menteri Perhubungan Dinyatakan Positif Korona

    Saat ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menutup sementara Monas untuk umum. Penutupan dilakukan selama dua pekan sejak Sabtu, 14 Maret 2020.

    Selain Monas, Pemprov DKI juga menutup Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Taman Margasatwa Ragunan , Jakarta Selatan, dan museum milik Pemprov DKI. Aktivitas perkumpulan massa lainnya yang berpotensi menimbulkan penyebaran virus korona seperti Car Free Day (CFD) juga ditiadakan selama dua pekan.

    Pasien positif covid-19 di Indonesia mencapai 96 orang per Sabtu, 14 Maret 2020. Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona Achmad Yurianto menuturkan jumlah pasien positif korona bertambah setelah dilakukan tracing secara masif. 

    Pasien terjangkit virus korona juga bukan hanya di Jakarta. Melainkan, daerah lain seperti Jawa Barat (termasuk Bandung), Tangerang, Jawa Tengah (Solo dan DI Yogyakarta), Manado, Bali, dan Pontianak.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id