Berdamai dengan Pandemi Covid-19 Bukan Berarti Kalah

    Anggi Tondi Martaon - 17 Mei 2020 18:03 WIB
    Berdamai dengan Pandemi Covid-19 Bukan Berarti Kalah
    Juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto. Antara/ADITYA PRADANA PUTRA
    Jakarta: Pemerintah mengisyaratkan agar masyarakat hidup berdampingan atau berdamai dengan virus korona. Namun, pernyataan tersebut bukan sebagai bentuk kekalahan memerangi wabah yang pertama kali teridentifikasi dari Wuhan, Tiongkok, itu.

    "Hidup berdampingan tidak dikenai dengan menyerah tetapi kita harus merubah perilaku kita harus merubah cara pandang," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Ahmad Yurianto di Graha BNPB, Jakarta, Minggu, 17 Mei 2020.

    Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) itu menegaskan, pandangan tersebut tak lepas dari pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO). Virus korona tidak akan hilang dengan mudah dari muka bumi.

    "Maka kita harus tetap memiliki sikap kita harus memiliki cara berpikir yang mengacu pada protokol kesehatan di dalam kehidupan di hari-hari mendatang," ungkap dia.

    Maka tak heran belakangan pemerintah mengkampanyekan normal baru kepada masyarakat. Aktivitas masyarakat harus mengacu pada protokol kesehatan

    "Satu-satunya cara agar kita bisa produktif dan aman dari virus korona ini adalah hidup berdampingan dengan covid-19," sebut dia.

    Baca: Jokowi Minta Publik Berdamai dengan Korona Hingga Vaksin Ditemukan

    Dia menyebut masyarakat sudah mulai terbiasa menjalankan protokol pencegahan penyebaran covid-19 di kehidupan sehari-hari. Di antaranya rajin mencuci tangan, menggunakan masker saat di luar rumah, dan menjaga jarak.

    "Dan kemudian menghindari tempat atau kerumunan orang atau tempat yang memungkinkan terjadinya kerumunan orang," kata dia.

    Kolonel TNI itu meyakini masyarakat bakal terbiasa normal baru tersebut. Sehingga, masyarakat Indonesia bisa bertahan menghadapi serangan persebaran virus korona.

    "Saudara-saudara sekalian, inilah yang harus kita laksanakan kalau kita tidak mau melaksanakan maka kita tidak akan bertahan terhadap permasalahan ini," ujar dia.

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini: https://www.medcom.id/corona



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id