BMKG: Suara Dentuman di Jakarta Akibat Petir di Gunung Salak

    Kautsar Widya Prabowo - 21 September 2020 01:01 WIB
    BMKG: Suara Dentuman di Jakarta Akibat Petir di Gunung Salak
    Ilustrasi petir. Medcom.id
    Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut suara dentuman yang terdengar di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur akibat petir. Hal tersebut diketahui melalui monitoring petir.

    Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menjelaskan suara dentuman ramai dilaporkan warga antara pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB. Saat itu tercatat ada beberapa aktivitas petir di sekitar Gunung Salak, Bogor.

    "Suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan suara tersebut bersumber dari petir," ujar Daryono dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Minggu, 20 September 2020.

    Daryano menyebut suara dentuman juga dapat disebabkan dari gempa dengan kedalaman sangat dangkal. Namun, BMKG tidak mencatat aktivitas seismik di Jakarta dan sekitarnya.

    "Tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB," jelas dia.

    Daryono enggan bersepekulasi kemungkinan sumber lain penyebab dentuman. Dia menyebut BMKG selalu berpatokan pada data hasil pemantaun alat monitoring.

    "Bahwa memang ada beberapa aktivitas petir yang terjadi saat rentang waktu terdengarnya suara dentuman yang dilaporkan oleh warga," papar dia.

    (Baca: Suara Dentuman Terdengar di Wilayah Jakarta)

    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id